5 Pasar Legendaris di Jakarta, Nomor 3 Pusat Grosir Tertua dan Terbesar

Selasa, 17 Januari 2023 - 18:50 WIB
loading...
5 Pasar Legendaris di Jakarta, Nomor 3 Pusat Grosir Tertua dan Terbesar
Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat merupakan pusat grosir tertua dan terbesar di Jakarta. Foto-foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdapat 5 pasar legendaris di Jakarta yang wajib dikunjungi karena memiliki banyak keunikan. Di pasar legendaris ini anda juga dapat menemukan berbagai barang murah untuk oleh-oleh maupun keperluan pribadi.

Bahkan, ada pasar di Jakarta Pusat yang berdiri sejak abad ke-18 yakni Pusat Grosir Senen Jaya . Untuk mengenal lebih jauh pasar-pasar ternama di Ibu Kota, berikut 5 pasar legendaris di Jakarta dihimpun Litbang MPI, Selasa (17/1/2023):
Baca juga: Tanah Abang, Warisan Pusat Kulakan Termegah

1. Pusat Grosir Senen Jaya
Dikembangkan Grup Pembangunan Jaya, proyek Senen Jaya adalah salah satu pasar legendaris di Jakarta. Cikal bakal pasar ini telah ada sejak abad ke-18. Tempat ini menjadi salah satu lokasi favorit berbelanja bagi warga Jakarta.

Selain luas dengan koleksi produk yang lengkap, harga yang ditawarkan penjual relatif murah. Selain pengunjung biasa, banyak pedagang kecil yang membeli stok barang dagangan mereka di pasar ini.Pusat Grosir Senen Jaya mengalami kebakaran pada 2003 lalu yang menyebabkan aktivitas jual-beli terhenti lama.

Kondisi mulai membaik pada awal Desember 2020. Pasar Senen hadir dengan wajah baru yang mengusung arsitektur modern dilengkapi fasilitas seperti CCTV, AC, early warning system, area parkir di setiap lantai, serta area publik dan taman hijau membuatnya jauh dari kesan kumuh dan panas.

Berbagai kuliner dan jajanan khas Nusantara melengkapi kawasan perbelanjaan ini. Target usai rekonstruksi gedung pasar ini akan siap diserahterimakan kepada penyewa pada Maret 2023. Saat ini sudah terisi 60 persen penyewa dari gedung blok I dan II.
5 Pasar Legendaris di Jakarta, Nomor 3 Pusat Grosir Tertua dan Terbesar


2. Pasar Asemka
Pasar Asemka atau lebih dikenal Pasar Pagi Asemka merupakan salah satu pasar grosir yang terkenal di Jakarta dan seluruh Indonesia, khususnya bagi para pedagang mulai dari pedagang kaki lima (PKL) hingga franchise dengan cabang di mana-mana.

Pasar ini menjual berbagai macam barang grosir antara lain aksesoris fashion, alat tulis, mainan anak-anak, suvenir pernikahan dan ulang tahun, dan sebagainya.

Dulunya, Pasar Asemka merupakan tempat legendaris yang terkenal dengan masyarakat Tionghoa, khususnya di Batavia. Sebagian besar kios pasar yang ada sejak tahun 1989 masih memiliki bangunan lama.

Meski terlihat tua, pasar ini tetap ramai pengunjung. Kawasan pasar juga digunakan sebagai jalur lalu lintas kendaraan sehingga kawasan ini cukup ramai dikunjungi warga.
5 Pasar Legendaris di Jakarta, Nomor 3 Pusat Grosir Tertua dan Terbesar
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1195 seconds (0.1#10.140)