5 Pasar Legendaris di Jakarta, Nomor 3 Pusat Grosir Tertua dan Terbesar

Selasa, 17 Januari 2023 - 18:50 WIB
loading...
A A A
3. Pasar Tanah Abang
Pasar Tanah Abang yang dulu dikenal Pasar Sabtu berdiri sejak tahun 1735. Pasar Tanah Abang merupakan salah satu pusat grosir terbesar di Jakarta dan selalu ramai setiap harinya serta identik dengan barang-barang murah, produk garmen, dan tentunya oleh-oleh.

Sebagai pusat grosir tertua dan terbesar di Jakarta, Pasar Tanah Abang melegenda dan terkenal di seantero Jakarta. Banyak orang datang untuk membeli berbagai kebutuhan dengan harga murah.

Akses menuju Pasar Tanah Abang bisa dilalui dengan mudah oleh semua jenis kendaraan. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, hingga sepeda.

Selain itu, tersedia juga sarana transportasi umum yang bisa dimanfaatkan seperti bus Transjakarta, KRL Commuter Line, serta angkot.
5 Pasar Legendaris di Jakarta, Nomor 3 Pusat Grosir Tertua dan Terbesar


4. Pasar Baru
Pasar yang terletak di Jalan Pasar Baru, Jakarta Pusat ini telah berdiri sejak kolonial Belanda yaitu tahun 1820. Nama Pasar Baru sudah ada sejak zaman VOC yang dikenal dengan sebutan Pasar Baroe atau De Nieuwe Markt.

Dinamakan Pasar Baru karena pasar ini relatif baru saat itu. Pasar Baru dibangun untuk melengkapi dua pasar besar yang sebelumnya ada yaitu Pasar Senen dan Pasar Tanah Abang.

Melihat perkembangannya, Pasar Baru menjual berbagai jenis kebutuhan seperti pakaian, sepatu, jam, kacamata. Ada juga uang kuno, lukisan, serta dilengkapi kuliner.

Secara umum, pusat perbelanjaan Pasar Baru dibagi menjadi enam kawasan utama yaitu Metro Pasar Baru, Metro Atom, Harco Pasar Baru, Pasar Baru, Istana Pasar Baru, dan kawasan Pintu Air.
5 Pasar Legendaris di Jakarta, Nomor 3 Pusat Grosir Tertua dan Terbesar


5. Pasar Mayestik
Pasar Mayestik berada di Jalan Tebah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan dan sudah ada sejak 1950-an. Namun, pemerintah baru resmi mengoperasikan Pasar Mayestik pada 1981. Pasar Mayestik terkenal sebagai pusat toko tekstil terbesar di Jakarta dengan banyaknya lalu lintas jual beli bahan baku kain di kawasan ini.

Selain menjual kain, pasar ini juga menawarkan berbagai macam perlengkapan dan kebutuhan rumah tangga. Hal menarik yang dijumpai ketika berkeliling di Pasar Mayestik adalah tempatnya bersih dan rapi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1340 seconds (0.1#10.140)