Lolos Tes Kesehatan dan Protokol Covid, Ribuan Hewan Kurban di Jaksel Siap Dipotong

Jum'at, 17 Juli 2020 - 16:30 WIB
loading...
Lolos Tes Kesehatan dan Protokol Covid, Ribuan Hewan Kurban di Jaksel Siap Dipotong
Pemkot Jakarta selatan telah melakukan pemeriksaan terhadap ribuan hewan kurban dan tidak ditemukan penyikit berbahaya. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta selatan telah melakukan pemeriksaan terhadap ribuan hewan kurban dan tidak ditemukan penyikit berbahaya. Dengan begitu ribuan hewan tersebut layak untuk disembelih saat Idul Adha mendatang.

Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan, Hasudungan, mengatakan, sebanyak 2.447 ekor hewan kurban telah diperiksa terdiri atas 1.433 ekor sapi, 792 ekor kambing, dan 222 ekor domba. “kita hanya temukan satu ekor sapi yang sakit, seleibihnya sangat sehat,” katanya. (Baca juga: Idul Adha Tinggal 14 Hari Lagi, Penjual Hewan Kurban di Tangsel Masih Sepi Pembeli)

Pemeriksaan hewan kurban mencakup kondisi kesehatan dan fisik hewan, kepemilikan Surat Keterangan Kesehatan Hewan(SKKH) bagi penjual, dan penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

"Kita juga memastikan ketersediaan fasilitas cuci tangan, pemakaian masker, pengecekan suhu, dan penerapan physical distancing di lokasi penampungan hewan," tegasnya. (Baca juga: Heboh, Binatang Mirip Babi Berkeliaran di Permukiman Warga Depok)

Dalam kegiatan ini, pihaknya menurunkan 29 personel untuk mengevaluasi kondisi tempat penampungan hewan kurban mulai dari atap, pagar pengamanan, pakan minum ternak hingga pintu keluar masuk bagi konsumen.

"Ke depan kita akan menelusuri seluruh kecamatan untuk melakukan pemeriksaan," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2003 seconds (0.1#10.140)