Idul Adha Tinggal 14 Hari Lagi, Penjual Hewan Kurban di Tangsel Masih Sepi Pembeli

Kamis, 16 Juli 2020 - 22:04 WIB
loading...
Idul Adha Tinggal 14 Hari Lagi, Penjual Hewan Kurban di Tangsel Masih Sepi Pembeli
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
TANGERANG SELATAN - Penjualan hewan kurban tahun ini diperkirakan mengalami penurunan drastis dibanding tahun-tahun sebelumnya. Biasanya, sebulan sebelum Lebaran Haji pembelian hewan kurban sudah mulai terlihat.

Namuin, hingga memasuki 14 hari menjelang Hari Raya Idul Adha , pedagang masih banyak yang mengeluhkan sepinya pembeli.

"Penjualan hewan kurban biasanya sebulan sebelum Lebaran Haji sudah mulai kelihatan. Tetapi sekarang masih sepi," ujar Ketua Perhimpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Mukhsin, Kamis (16/7/2020). (Baca juga: Jelang Idul Adha, Gugus Tugas Siapkan Aturan Pemotongan Hewan Kurban)

Mukhsin memperkirakan akan terjadi penurunan omzet yang cukup tajam tahun ini. Biasanya ia bisa menjual hingga 450 ekor hewan kurban. Meski demikian ia masih menaruh harapakan pada para calon jamaah haji yang gagal berangkat tahun ini.

"Untuk tahun ini sepertinya ada ritme yang berbeda. Banyak orang beli hewan kurban minta dipotongin dan dibungkusin. Kita juga yang diminta nyebarin. Jadi, mereka minta dokumentasinya saja," ucap Mukhsin. (Baca juga: Masjid Istiqlal Tetap Terima Hewan Kurban)

Menurut dia, banyaknya jamaah haji asal Tangsel yang tertunda keberangkatannya tahun ini membuka peluang pasar. Dia pun meminta para pedagang untuk bisa lebih bersabar.

"Kita beranalisa gini, yang ditunda haji sekitar 3.000 se-Tangsel, mereka pasti akan kurban. Tetapi biasanya H-7 baru mulai kelihatan. Tapi biasanya memang perkantoran dari sekarang udah ramai, ini masih belum juga," tukasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)