Asah Bakat Siswa, Sispala Ciara Gelar Kompetisi Orienteering

Rabu, 15 Februari 2023 - 22:45 WIB
loading...
Asah Bakat Siswa, Sispala Ciara Gelar Kompetisi Orienteering
Sispala Ciara mengadakan kompetisi Orienteering kepada siswa-siswi yang mempunyai minat dan bakat di luar kegiatan akademik. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sispala Ciara mengadakan kompetisi Orienteering kepada siswa-siswi yang mempunyai minat dan bakat di luar kegiatan akademik. Kegiatan tersebut bertujuan menyadarkan siswa-siswi tentang pentingnya menjaga alam.

Ketua Pelaksana Elsa Musah Patul Hulup mengatakan kompetisi ini bertujuan untuk menarik minat dan bakat siswa-siswi dalam kegiatan prestasi non-akademik di sekolah.

”Sekaligus menyadarkan Sispala maupun Mapala peduli terhadap prestasi non-akademik yang nantinya bisa membantu seluruh Sispala maupun Mapala yang berprestasi di bidang non-akademik menyalurkan bakatnya melalui kompetisi ini,” kata Elsa, Rabu (15/2/2023).

Kompetisi yang sekaligus merayakan Dies Natalis Sispala Ciara yang ke 19 tahun tersebut dilakukan selama dua hari pada tanggal 11-12 Februari 2023 di SMA Negeri 5 Tangerang Selatan.

Kompetisi tersebut terbagi menjadi dua kegiatan. Pertama yakni Workshop dan yang kedua Race Orienteering dengan jumlah peserta sebanyak 164 orang.

Kegiatan dengan tema 'Pengurangan Produk Sekali Pakai Menuju Zero Waste Society' itu sendiri memiliki makna dan harapan agar siswa-siswi dapat menggunakan produk sekali pakai dengan lebih bijak untuk mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah.

“Agar sampah tidak berakhir di TPA, sehingga dapat menjaga sumber daya dan melestarikan alam itu sendiri,” tutur Elsa.

Kegiatan tersebut juga berisikan penanaman materi kepada seluruh peserta, salah satunya terkait dampak sampah terhadap Global Warming yang diberikan oleh pemateri dari pihak sekolah dan akademisi.

Kompetisi ini merupakan ketiga kalinya Sispala Ciara mengadakan kegiatan Orienteering setelah masa pandemi dengan 5 kategori perlombaan, yaitu Kategori Pelajar Putra, Kategori Pelajar Putri, Kategori Senior Putra, Kategori Senior Putri dan Kategori Militer.

Terpisah, Aji Santoso selaku peserta sekaligus juara 3 Kategori Sipil Putra mengatakan, perlombaan Orienteering dengan tema 'Urban/City Race Orienteering' CSO3 menciptakan route dengan jalur yang cukup sulit.

“Area kompetisi super padat yang sangat cocok untuk sprint orienteering dengan gang-gang sempit 1 meter, ditambah jalur/course level 3 dari Bapak Jullian CH Manopoyang mantap," paparnya.

Kegiatan Ciara Students Orienteering ini diharapkan dapat menjadi ajang untuk berinteraksi, bersosialisasi dalam semangat kompetisi yang sehat serta dalam upaya membina dan mengembangkan bakat dan potensi siswa-siswi.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1962 seconds (0.1#10.140)