Sosiolog: Arogansi Pengemudi di Jalan Raya dari Karakter Personal Bukan Terpengaruh Jenis Mobil

Senin, 13 Februari 2023 - 21:45 WIB
loading...
Sosiolog: Arogansi Pengemudi di Jalan Raya dari Karakter Personal Bukan Terpengaruh Jenis Mobil
Pengemudi Toyota Fortuner berinisial GR (24) yang arogan merusak dan menabrak mobil Honda Brio di kawasan Senopati, Jakarta Selatan. Foto: Tangkapan Layar Twitter
A A A
JAKARTA - Insiden pengemudi Toyota Fortuner berinisial GR (24) yang arogan merusak dan menabrak mobil Honda Brio di kawasan Senopati, Jakarta Selatan ternyata lebih disebabkan pada faktor karakter personal. Jadi, tidak ada kaitannya dengan jenis dan merek mobil yang dikendarai.

Namun, warganet sudah telanjur mengecam bahwa pengemudi mobil besar cenderung arogan ketika berkendara di jalan raya.
Baca juga: Penumpang Taksi Online Histeris saat Mobil Brio Dirusak Pengemudi Fortuner Brutal

Sosiolog Universitas Airlangga Prof Bagong Suyanto menuturkan arogansi lebih pada karakter personal yang tampil dalam diri seseorang sehingga kendaraan tidak menentukan.

“Banyak kok pengendara mobil besar maupun mewah lainnya yang tidak arogan. Tidak semua sopir truk atau bus arogan meski kendaraannya besar juga,” ujar Bagong, Senin (13/2/2023).

Dia menilai arogansi seseorang di jalan tetap kembali pada karakter personal mereka yang terbentuk. Mereka meluapkan itu dan menjadikan jalanan sebagai bagian dari kehidupannya. “Jadi besar dan kecilnya mobil tidak memberikan pengaruh,” ungkapnya.

Lingkungan sebelumnya tentu membentuk karakter. Mereka berinteraksi dengan banyak lingkungan dan ruang yang membentuk mereka dalam sekian banyak waktu. “Jadi banyak kendaraan besar dan mewah tapi tidak arogan,” ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)