Tidak Ada Penambahan Kasus Gagal Ginjal Akut di Jakarta sejak 31 Oktober 2022

Selasa, 08 November 2022 - 20:42 WIB
Kadinkes DKI menyebutkan tidak ada penambahan kasus gagal ginjal akut atipikal di Jakarta sejak 31 Oktober 2022. Foto: MPI/Refi Sandi
JAKARTA - Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI menyebutkan tidak ada penambahan kasus gagal ginjal akut atipikal di Jakarta sejak 31 Oktober 2022. Meski demikian, Dinkes masih terus melakukan pemantauan.

"Kami melakukan HRR (hospital record review), memantau. Rumah sakit di DKI itu menerima rujukan dari berbagai wilayah, Jadi kalaupun ada kasus baru, tidak di DKI," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) DKI Jakarta Widyastuti, Selasa (8/11/2022).

Berdasarkan data HRR Dinas DKI Jakarta per Selasa, 8 November, tercatat ada 154 kasus gagal ginjal akut atipikal di Jakarta. Dari jumlah itu, 100 kasus merupkan warga Jakarta.



"Kami sudah mulai membedakan dari kasus terduga sesuai dengan edaran Dirjen Yankes tanggal 4 November 2022. Membedakan dalam kasus probable, suspect, confirm, dan exclude," jelasnya.



Angka kesakitan dan kematian gagal ginjal akut pada anak (GGAPA) secara nasional di Indonesia memang sudah mengalami tren penurunan. Hal itu terlihat pada penurunan drastis kasus baru dan kematian yang disampaikan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Penurunan tersebut terjadi terutama sejak dikeluarkannya Surat Edaran Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan pada 18 Okober 2022 yang mana untuk sementara menghentikan penggunaan obat sirup.
(thm)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More