Sambut Warganya yang Sembuh Covid-19, Pengurus RW 01 Sunter Agung Pasang Spanduk

Kamis, 04 Juni 2020 - 22:21 WIB
Pengurus RW 01 Sunter Agung memasang spanduk untuk menyambut warganya yang dinyatakan sembuh Covid-19. Foto: SINDOnews/Yohannes Tobing
JAKARTA - Ada-ada saja cara pengurus wilayah dalam menyambut warganya yang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Seperti yang dilakukan pengurus RW 01, Kelurahan Sunter Agung, Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Pengurus RW 01 berkoordinasi dengan Kelurahan Sunter Agung, sengaja memasang spanduk bertuliskan "Selamat Datang" untuk menyambut warganya yang dinyatakan sembuh dari Covid-19 oleh pihak rumah sakit hingga diperbolehkan pulang ke rumah.

Lurah Sunter Agung, Danang Wijanarka, mengatakan, pemasangan spanduk ini sebagai bentuk penyemangat bagi warga. "Pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di rumah sakit dan sudah dinyatakan sembuh kini bisa kembali ke rumahnya masing-masing. Untuk menyemangati mereka, kami pasang spanduk sebesar 4 X 1 bertuliskan Selamat Datang, di pintu masuk pemukiman warga," kata Danang, Kamis (4/6/2020).

Meskipun sudah dinyatakan sembuh dan bisa kembali ke rumahnya masing masing, namun menurut Danang, warga tersebut tetap mengikuti protokol kesehatan dengan menjalani isolasi mandiri selama 14 hari. "Tetap semangat dan di rumah saja selama 14 hari ke depan. Jaga kesehatan agar tetap beraktivitas kembali," ungkapnya.

Salah satu warga yang telah sembuh, Sumiyatun (51), mengatakan, sangat senang dengan adanya penyambutan melalui spanduk yang telah terpasang. "Senang sih bisa sembuh, tapi ada sedihnya juga, karena saat saya kembali dari perawatan di Wisma Atlet selama 18 hari bersama anak dan juga suami, jadi ada perlakuan berbeda dengan lingkungan," kata Yatun.



Meskipun dinyatakan sembuh dan tengah melakukan isolasi mandiri, namun Yatun mengaku tetap membuka warung untuk mendapat penghasilan yang biasanya dia lakukan.

"Sekarang beda, kemungkinan tetangga juga tidak suka. Penghasilan saya juga turun jauh, bahkan tidak ada karena tetangga juga tidak mau belanja lagi. Tapi setidaknya masih ada juga yang memberikan dukungan," ucapnya.

Sementara itu, Ketua RW 01 Sunter Agung, Aris Munandar, mengatakan, tercatat ada 15 warganya yang positif Covid-19. Dari 24 RT, terdapat 6 RT paling terdampak Covid-19. Dimana 10 orang dinyatakan sembuh, dua menjalani isolasi mandiri, dan tiga lainnya masih dirawat di RSD Wisma Atlet.

"Untuk itu kami sudah menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Lokal (PSBL) dengan melakukan penyekatan di sejumlah gang dan melakukan protokol kesehatan," tutup Aris.
(thm)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More