Utang Rp400 Juta Rumah Rp4 Miliar Terancam Melayang, Warga Cilandak Ini Ajukan Gugatan Perlawanan

Minggu, 10 Oktober 2021 - 00:26 WIB
Sidang perdana yang sedianya berlangsung pada Selasa 5 Oktober 2021, namun ditunda karena tidak semua pihak tergugat hadir. Foto: Ist
JAKARTA - Gara-gara utang ke perusahaan pembiayaan Rp400 juta, seorang ibu rumah tangga warga Cilandak, Jakarta Selatan, IS, terancam kehilangan rumah seharga Rp4 miliar. Merasa tidak adil, IS mengajukan gugatan perlawanan di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Selatan.

IS sebelumnya juga mengajukan gugatan di PN Tangerang karena perusahaan pembiayaan tersebut mengalihkan piutang ke pihak lain. Utang IS kemudian membengkak berlipat-lipat dan membuat IS kesulitan membayar.

"Kami mengajukan gugatan perlawanan atas putusan eksekusi lelang di PN Selatan karena permasalahan hukum masih disidangkan di PN Tangerang. PN Selatan mengeluarkan putusan hanya berdasar risalah lelang, bukan berdasarkan putusan pengadilan,” ujar kuasa hukum IS, Fikri Lubis, dalam keterangannya, Sabtu (9/10/2021).



Gugatan perlawanan sudah diajukan ke PN Jakarta Selatan, pekan ini. Sidang perdana sedianya berlangsung pada Selasa 5 Oktober 2021, namun ditunda karena tidak semua pihak tergugat hadir.



Majelis Hakim PN Selatan sempat memeriksa surat kuasa masing-masing kuasa hukum. Sidang kemudian ditunda dan dijadwalkan digelar kembali pada 26 Oktober 2021.

Fikri menjelaskan, gugatan perlawanan dilayangkan karena PN Selatan sebelumnya sudah mengeluarkan putusan eksekusi lelang terhadap rumah milik IS. PN Selatan, tutur Fikri, mendasarkan putusan eksekusi atas risalah lelang yang dikeluarkan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Jakarta V.



Adapun gugatan di PN Tangerang mempersoalkan keabsahan sebuah perusahaan pembiayaan menjual piutang kepada IS ke pihak ketiga. Langkah perusahaan pembiayaan tersebut dinilai Fikri tidak lazim karena IS adalah debitur beritikad baik.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More