Hadapi Banjir, Kecamatan Cengkareng Andalkan Mesin Pompa

Sabtu, 31 Oktober 2020 - 06:34 WIB
Menghadapi musim penghujan, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat menyiagakan sejumlah pompa di lokasi rawan banjir. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Menghadapi musim penghujan , Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat menyiagakan sejumlah pompa di lokasi rawan banjir . “Sejauh ini mesin pompa di rumah pompa juga dalam kondisi baik dan siap dioperasikan,” ujar Camat Cengkareng Ahmad Faqih, belum lama ini.

Selain menyiagakan rumah pompa, pihaknya juga melakukan pembersihan dan normalisasi bersama PPSU, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA), serta Sudin Lingkungan Hidup (LH). “Petugas gabungan setiap hari rutin membersihkan saluran di beberapa titik,” katanya. (Baca juga: Pansus Banjir DPRD DKI Bawa 5 Pesan Tri Rismaharini untuk Atasi Banjir Jakarta)

Termasuk membuat embung air di titik rawan seperti di Rawa Buaya dan Cengkareng Barat yang kini masih berproses.

Bila nanti terjadi banjir, pihak kelurahan telah menyosialisasikan kepada warga menyiapkan pengungsian dan posko penanggulangan bencana. Posko itu lengkap dengan sarana prasarana seperti perahu karet, dapur umum, jaket pelampung, tenda, kendaraan rescue, dan peralatan tidur awal.

Untuk evakuasi, pihak kecamatan menyiapkan lokasi pengungsian dan penampungan. Lokasi itu nantinya ditempatkan di masjid, sekolah, dan kecamatan. (Baca juga: Banjir Jakarta, 32 RT Terendam Akibat Hujan Deras)
(jon)
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More