Cegah Kebakaran, Damkar Cek Kesiapan Sistem Pemadam di Gedung Perumda Tirta Bhagasasi

Kamis, 25 Juli 2024 - 11:40 WIB
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran mengecek kesiapan sistem pemadam Gedung Perumda Tirta Bhagasasi. Foto/SINDOnews
JAKARTA - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi mendatangkan petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk mengecek kesiapan sistem pemadam gedung. Pengecekan tersebut untuk mencegah terjadinya musibah kebakaran .

"Pengecekan dilakukan terhadap sarana dan prasarana sistem pemadam pada bangunan empat lantai kantor kami," kata Kepala Sub Bagan Humas Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi Hasan Basri di Cikarang, Kamis (25/7/2024).

Hasan mengatakan, pengecekan sistem pemadam dilakukan secara menyeluruh pada fasilitas Alat Pemadam Api Ringan (APAR), hidran air, sirine tanda bahaya, hingga fire sprinkler system yang dipasang di langit-langit ruangan.





"Petugas Damkar mengecek sistem pemadam kebakaran. Seluruh ruangan diperiksa secara teliti oleh petugas untuk memastikan kelaikan sarana dan prasarana pemadam," katanya.

Setelah pengecekan tuntas dilaporkan hasil bahwa semua alat sistem pemadam kebakaran dinyatakan berfungsi dengan baik. "Semua masih laik beroperasi, masih normal dan tidak ada yang kedaluarsa juga," ucapnya.



Petugas pemadam kebakaran juga membawa alat penampungan sehingga tidak ada tumpahan air yang membasahi meja atau perangkat elektronik di sekitar area pemeriksaan. "Tadi juga sudah dicoba langsung suara sirine tanda bahaya, masih berfungsi dengan baik," katanya.

Pihaknya pun pernah melakukan simulasi bencana alam dan kebakaran guna mencegah terjadi korban apabila sewaktu-waktu musibah itu terjadi meski tidak diharapkan.

"Intinya ini demi kenyamanan dan keselamatan seluruh pegawai dengan memastikan seluruh sarana dan prasarana masih berfungsi secara baik. Tentu ini juga menjadi persyaratan utama pada program Keselamatan dan Kesehatan Kerja," katanya.

Petugas Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bekasi melakukan pengecekan sistem pemadam di Kantor Pusat Perumda Tirta Bhagasasi Bekasi, Jalan Inspeksi Kalimalang, Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat.
(cip)
tulis komentar anda
Follow
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More