4 TPA Sampah di Bekasi, Depok, Tangerang, Nomor 1 Beroperasi Sejak 1989

Senin, 29 Mei 2023 - 11:01 WIB
Terdapat 4 TPA sampah di wilayah Bekasi, Depok, dan Tangerang. TPA di kota-kota penyangga saat ini kondisinya sudah melebihi kapasitas. Foto: Dok SINDOnews
JAKARTA - Terdapat 4 Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di wilayah Bekasi, Depok, dan Tangerang. TPA di kota-kota penyangga saat ini kondisinya sudah melebihi kapasitas.

Persoalan sampah memang salah satu permasalahan di Ibu Kota Jakarta hingga kota-kota penyangga. Saat ini, mayoritas sampah di Jabodetabek terkumpul di TPST Bantargebang, Bekasi.



Berikut 4 TPA sampah di Bekasi, Depok, Tangerang:

1. TPST Bantargebang, Bekasi



Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantargebang, Bekasi dimiliki Pemprov DKI Jakarta, lokasinya saja yang berada di Bekasi. TPST Bantargebang mempunyai luas area 110,3 hektare dan mulai beroperasi tahun 1989.

Jumlah volume sampah yang masuk TPST Bantargebang mencapai 6.500-7.000 ton per hari. Fasilitas Landfill Mining dan Refused Derived Fuel (RDF) di TPST ini akan dioperasikan pada 2023.

Diketahui, landfill mining bertujuan mengurangi sampah yang tertimbun pada zona landfill. Sampah berpotensi diolah menjadi sumber energi baru atau akan diolah menjadi RDF (Refuse Derived Fuel).

2. TPA Cipayung, Depok
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More