4 Nama Wilayah di Jakarta Kata Depannya Tanah, Nomor Buncit Makam Wapres Pertama RI

Sabtu, 25 Maret 2023 - 06:45 WIB
Versi yang berbeda menyebutkan, para pemilik tanah yang mayoritas etnis Betawi mematok harga tinggi kepada tuan tanah asal Belanda yang hendak membeli tanah di wilayah tersebut. Karena itulah, kawasan tersebut dinamakan Tanah Tinggi.

3. Tanah Merah

Nama Tanah Merah mengemuka ketika Depo Pertamina Plumpang mengalami kebakaran pada Jumat (3/3/2023). Kebakaran ledakan pipa BBM itu langsung menyebar ke permukiman warga lantaran jaraknya yang berdekatan. Akibat peristiwa tersebut, 33 orang meninggal dunia.

Kawasan Tanah Merah di Jakarta Utara meliputi dua kelurahan yang terdapat di Kecamatan Koja, yaitu Rawa Badak Selatan dan Tugu Selatan, serta Kelurahan Kelapa Gading Barat di Kecamatan Kelapa Gading.

Tanah Merah dimiliki oleh negara dengan status hak guna bangunan (HGB) atas nama Pertamina. Namun, tak sedikit warga mendirikan tempat tinggal di Tanah Merah.

Bahkan pada 2021 lalu, Anies Baswedan saat menjabat Gubernur DKI Jakarta menerbitkan IMB (izin mendirikan bangunan) bagi kawasan tersebut.

4. Tanah Kusir

Mendengar nama Tanah Kusir, yang segera terbayang adalah TPU Tanah Kusir yang berlokasi di Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, DKI Jakarta.

TPU ini cukup terkenal lantaran menjadi tempat peristirahatan terakhir sejumlah tokoh Tanah Air. Salah satunya adalah makam Wakil Presiden RI pertama, Mohammad Hatta. Ada kisah yang berkembang di tengah masyarakat di balik terciptanya nama Tanah Kusir.

Dalam bukunya berjudul 212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe (2012), Zaenuddin HM menuliskan bahwa nama tersebut bermula dari sebuah kejadian yang melibatkan seorang tuan tanah keturunan Tionghoa.

Di sebuah acara yang diadakannya, sang tuan tanah buang angin alias kentut dengan bunyi yang cukup keras dan mengeluarkan aroma tak sedap. Jelas saja, timbul kehebohan di antara para tamu.

Menyadari itu, sang tuan tanah menunjuk kusirnya yang sedang berada dekat dengannya, sebagai sumber bau tersebut. Dengan pasrah, si kusir terpaksa mengakui bahwa dirinyalah yang telah buang angin.
Halaman :
tulis komentar anda
Video Rekomendasi
Berita Terkait
Rekomendasi
Terpopuler
Berita Terkini More