34 Kawasan Kumuh di Bekasi Akan Dibenahi

Selasa, 21 April 2015 - 01:37 WIB
34 Kawasan Kumuh di Bekasi Akan Dibenahi
34 Kawasan Kumuh di Bekasi Akan Dibenahi
A A A
BEKASI - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi mendata 34 titik kawasan padat penduduk yang dianggap kumuh. Bahkan air bersih di wilayah kumuh itu tercemar limbah domestik.

"Rumah kumuh di Bekasi sudah meluas, tahun depan mulai kami tata kembali agar tidak lagi terlihat kumuh," kata Kepala Dinas Tata Kota (Distako) Bekasi Koswara di Bekasi, Senin 20 April 2015.

Menurutnya, 34 titik permukiman kumuh tersebut tersebar di 12 Kecamatan dan 56 Kelurahan se-Kota Bekasi.

Dia menjelaskan, yang dianggap permukiman kumuh adalah perkampungan padat penduduk dan air bersih lokasi tersebut sudah tercemar limbah rumah tangga.

Bahkan, dianggap tidak memiliki sarana prasarana seperti drainase. "Tidak ada penampungan sampah sementara, jadi terlihat kumuh," ujarnya.

Dua dari 12 kecamatan itu, yang dianggap sebagai kecamatan kumuh dan dikategorikan daerah rawan seperti Bekasi Utara dan Medansatria. Karena, kata dia, dua kecamatan itu memiliki jumlah penduduk yang besar dibanding kecamatan lain.

"Kami pernah mengecek ke permukiman di daerah Medansatria, ternyata memang sudah tidak ideal lagi kawasan itu," terangnya.

Sehingga, lanjut Koswara, berdampak timbulnya penyakit infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), karena banyak warga yang tidak memiliki septic tank. Baunya sangat menyengat apabila dikunjungi daerah-daerah tersebut.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7417 seconds (0.1#10.140)