TNI selesaikan tanggul jebol di Depok

Rabu, 22 Januari 2014 - 02:35 WIB
TNI selesaikan tanggul jebol di Depok
TNI selesaikan tanggul jebol di Depok
A A A
Sindonews.com - Jajaran Kodim 0508/Depok berhasil menangani tanggul Kali Laya yang jebol dan membanjiri ratusan rumah warga di Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok. Upaya itu juga melibatkan Satgas banjir Bimasda, ormas, dan masyarakat.

"Penanganan dan perbaikan tanggul jebol telah kita selesaikan selama delapan hari. Saat ini limpasan air ke perumahan warga sudah berkurang," kata Dandim 0508 Depok Letkol Inf H Moch Zamroni di lokasi banjir, Selasa (21/1/2014).

Menurut Zamroni, pekerjaan penanganan tanggul jebol melibatkan sedikitnya 300 sampai 400 personel setiap harinya. Kekuatan personel dibantu dari Kodam Jaya, Batalyon Kavaleri, Batalyon Mekanis 201, dan Mabrig I/Jaya Sakti.

"Semua upaya telah kita lakukan, termasuk menyiapkan dapur umum, tenda pengungsian, dan perahu karet," katanya.

Upaya penanganan, lanjut dia, pada hari pertama jebolnya tanggul disiapkan matrial guna mengeliminir limpasaan air ke rumah warga dengan memasang pipa paralon berdiameter tujuh sentimeter.

Selanjutnya, kata dia, dilakukan pemasangan penahan tanggul dengan menempatkan karung berisi tanah dan pasir di sepanjang jebolnya tanggul.

"Terakhir kita buatkan bronjong berundak-undak dengan panjang 26,5 meter dan tinggi 10 meter. Saat ini air sudah mengalir sesuai jalurnya dan tidak mengenangi rumah warga," ujarnya.

Zamroni menegaskan, dimusim penghujan ini pihaknya selalu siap membantu warga Depok yang terkena banjir, baik untuk evakuasi, maupun penanganan banjir. Hal itu sesuai dengan instruksi Pangdam Jaya dan Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KASAD).

"Kami selalu standby untuk memantau banjir. Bagi warga yang membutuhkan bantuan TNI, silakan hubungi kami," tutupnya.

Baca:
TNI berusaha bendung Kali Laya yang jebol
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6025 seconds (0.1#10.140)