Depok siap hadapi ramalan banjir besar BMKG

Minggu, 27 Januari 2013 - 10:51 WIB
Depok siap hadapi ramalan banjir besar BMKG
Depok siap hadapi ramalan banjir besar BMKG
A A A
Sindonews.com - Pemerintah Kota Depok mewaspadai peringatakan Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terkait ramalan cuaca yang memprediksi akhir Januari ini akan ada curah hujan yang lebuh besar. Peringatan tersebut merupakan suatu hal yang mengkhawatirkan warga dan pemerintah.

Karena itu, Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok meminta warga mewaspadainya. Pemerintah Kota Depok melalui Satlak PB nya (Satuan Pelaksana Penanggulangan Bencana) bersiap-siap hadapi ancaman banjir besar.

"Satlak PB ini adalah forum koordinasi yang terdiri dari unsur Pemkot Depok dengan seluruh unsur OPD nya, unsur TNI dan Polri, dan organisasi kemasyarakatan lainnya. Kami waspada adanya hujan yang diperkirakan lebih besar lagi dari yang kemarin," ujar Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial Kota Depok Abdul Haris, Minggu (27/1/2013).

Haris menambahkan, pihaknya menyiapkan Tim Taruna Siaga Bencana (Tagana) dengan pembekalan lebih matang. Yakni dengan pelatihan penyelamatan (Water Rescue) dengan menggunakan perahu karet yang baru diperoleh dari Dinas Sosial propinsi Jawa Barat (Jabar).

"Perahu ini mempunyai kapasitas sampai dengan 10 orang dan bisa menggunakan mesin. Namun masih dibutuhkan beberapa perahu yang lebih kecil (river boat) untuk wilayah yang sempit," paparnya.

Pelatihan tersebut, kata Haris, adalah untuk meningkatkan kapasitas anggota dalam membantu korban bencana banjir dengan menggunakan perahu karet. "Dibilang peningkatan, karena Tagana selama ini sudah mempunyai keterampilan dalam membantu korban bencana," tegasnya.

Selain itu, pihaknya juga mempersiapkan bantuan untuk korban berupa buffer stock, perlengkapan tidur, perlengkapan bayi, dan perlengkapan lainnya. "Depok juga dapat tambahan logistik dari Dinsos Prop Jabar berupa 100 dus mie instan dan 1000 kilogram beras," tandasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6178 seconds (0.1#10.140)