4 pilar bangsa jadi faktor kemenangan Jokowi

Rabu, 11 Juli 2012 - 18:48 WIB
4 pilar bangsa jadi faktor kemenangan Jokowi
4 pilar bangsa jadi faktor kemenangan Jokowi
A A A
Sindonews.com - Kemenangan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam sejumlah penghitungan cepat di Pemilihan Gubernur (Pilgub) DKI Jakarta karena warga Jakarta telah mengamalkan empat pilar bangsa.

Ketua MPR Taufiq Kiemas mengatakan, tingginya ekspektasi publik terhadap pasangan Jokowi-Ahok mencerminkan warga Jakarta sudah mengaplikasikan pemahaman Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Kebhinekaan sebagai empat pilar bernegara.

"Saya selaku Ketua MPR sangat bangga dengan kondisi ini. Warga sebagai pemilih melihatnya calon yang punya kualitas, memberikan harapan perbaikan, dan dianggap jujur. Keunggulan pasangan Jokowi-Ahok bukti nyata pemahaman kebhinekaan itu," katanya di kediamannya, Jalan Kebagusan, Jakarta, Rabu (11/7/2012).

Dia mengungkapkan, Selain faktor kebhinekaan yang telah menjadi kesadaran pemilih, ada faktor kuatnya arus bawah yang menginginkan terjadinya regenerasi. Selain itu, ada faktor Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri sebagai kingmaker di belakang kemenangan pasangan Jokowi-Ahok.

"Arus bawah ingin ada gairah dan perubahan serta regenerasi. Ini harus menjadi cermin secara umum termasuk bagi tokoh-tokoh untuk kepemimpinan nasional nanti," tukasnya.
(lil)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8985 seconds (0.1#10.140)