DPRD Minta Pemprov DKI Permudah Syarat Rumah DP 0 Rupiah

Senin, 30 Desember 2019 - 09:01 WIB
DPRD Minta Pemprov DKI Permudah Syarat Rumah DP 0 Rupiah
DPRD Minta Pemprov DKI Permudah Syarat Rumah DP 0 Rupiah
A A A
JAKARTA - Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI untuk mempermudah persyaratan bagi warga Ibu Kota untuk memiliki Solusi Rumah Warga (Samawa) DP 0 Rupiah . Menurut dia, program tersebut sangat dibutuhkan masyarakat dan saat ini beberapa aturan cukup menyulitkan masyarakat untuk mendapatkannya.

"Insya Allah bisa kalau mau serius dipikirkan. Dikurangi syarat-syaratnya. Diperlunak lah. Kira sudah banyak mengurangi syarat-syarat untuk hal-hal lain. Misalnya perizinan dahulu perizinan tempat ibadah mau bikin IMB (Izin Mendirikan Bangunan) sederet banget. Kita diskusikan potong dong segini. Akhirnya bisa saya yakin bisa," kata Taufik di Jakarta, Senin (30/12/2019).

Masyarakat, kata Taufik saat ini kesulitan mendapatkan hunian tersebut karena tak lolos dalam seleksi administrasi di dalam perbankan. Rata-rata masyarakat tak lolos seleksi karena banyak cicilan lain seperti kendaraan pribadi.

"Kalau saya tanya itu ketika dicek bank checking dia rata-rata udah kredit motor. Sehingga kalau dihitung untuk cover cicilan jadi tidak cukup. Ini gara-gara kredit motor sebenarnya," tambahnya. (Baca Juga: Ambil Hunian DP 0 Rupiah, Gondo: Masa Numpang Terus Sama Orang Tua
Ketua DPD DKI Jakarta Partai Gerindra ini mengakui, saat ini masih sedikit warga yang menempati hunian DP 0 Rupiah. Namun dia juga meyakini, peminat dari program Gubernur Anies Baswedan itu sangat banyak. Dia berharap, Gubernur Anies terus mendirikan hunian tersebut hingga target dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) sebanyak 200 ribu rumah siap huni tercapai.

"Artinya tegas pemerintah dua, pertama bangun saja sebanyak-banyaknya. Kedua kan BUMD kita Bank DKI, ya bank DKI harus kreatif berpikir. Kongkowin itu instansi yang berwenang tadi OJK (Otoritas Jasa Keuangan), ini kan buat masyarakat," kataTaufik.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, melakukan ground breaking atau peletakan batu pertama untuk pembangunan Samawa Rumah DP 0 Rupiah (Samawa) jilid kedua di Nuansa Cilangkap, Jalan Raya Cilangkap, Kelurahan Cipayung, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, Kamis 12 Desember 2019. Diketahui, Samwa pertama dibangun di Pondok Kelapa tepatnya Klapa Village, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Proyek pembangunan hunian DP 0 Rupiah ini bekerja sama dengan empat BUMD Provinsi DKI Jakarta yaitu PD Pembangunan Sarana Jaya, PT Jakarta Propertindo dan Perumda Pasar Jaya sebagai pengembang, serta PT Bank DKI sebagai bank pelaksana.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8122 seconds (0.1#10.140)