alexametrics

Ambil Hunian DP 0 Rupiah, Gondo: Masa Numpang Terus Sama Orang Tua

loading...
Ambil Hunian DP 0 Rupiah, Gondo: Masa Numpang Terus Sama Orang Tua
Rumah DP 0 Rupiah di Rusunami Klapa Village, Jakarta Timur sedang dalam tahap proses finishing, Sabtu (27/7/2019). Foto/SINDOnews/Okto Rizki
A+ A-
JAKARTA - Pembangunan program solusi rumah warga atau samawa yang dikenal dengan program DP 0 rupiah di wilayah Pondok Kelapa, Jakarta Timur, hingga saat ini masih berlangsung.

Salah seorang warga Kebayoran Lama Jakarta Selatan, Gondo (45) yang sedang menyerahkan berkas mengatakan, tertarik dengan program Pemprov DKI Jakarta karena tak ada uang muka memperoleh hunian tersebut.

"Karena DP-nya nol rupiah, murah, saya ambil yang angsurannya sekitar Rp1,7 juta, yang kira-kira cicilannya tidak terlalu beratlah," ujar Gondo ketika ditemui di Rusun Klapa Village, Jakarta Timur, Sabtu (27/7/2019).



Gondo sangat mendukung kebijakan DP nol rupiah karena dapat membantu warga untuk mendapatkan hunian terjangkau di Jakarta. "Saya sampai saat ini belum punya rumah, berkat adanya program ini Alhamdulillah jadi bisa beli rumah. Masa numpang terus sama orang tua," terangnya. (Baca: Rumah DP 0 Rupiah Rampung, DKI Minta 1.790 Pemohon Lengkapi Berkas)

Berdasarkan pantauan SINDOnews Nampak bangunan gedung menjulang tinggi sudah rampung dikerjakan menandakan siap untuk dihuni. Sejumlah warga yang sebelumnya sudah lolos administrasi, mulai melengkapi berkas untuk memiliki hunian tersebut.

Pemprov DKI menyediakan dua skema cicilan sebagaimana diatur dalam Peraturan Gubernur Nomor 104 Tahun 2018. Skema pertama dengan cicilan Rp2 juta per bulan menyasar masyarakat dengan estimasi penghasilan Rp5,73 juta. Untuk skema ini, jangka waktu cicilan adalah 20 tahun.

Skema kedua, yakni cicilan Rp2,4 juta per bulan yang diperuntukkan bagi masyarakat berpenghasilan minimal Rp6,93 juta dengan cicilan selama 15 tahun.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Kelik Indriyanto pada awal bulan ini mengatakan proses pembangunan rumah DP Nol Rupiah ini sudah 90 persen. Kelik mengatakan pembangunan rumah DP Nol Rupiah berupa hunian vertikal itu rencananya akan selesai pada akhir Juli 2019.

"Sesuai Peraturan Gubernur 104/2018, program tersebut ditargetkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) warga DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan. Sehingga Program ini menerapkan proses seleksi kepada calon penghuni, untuk memastikan kesesuaian dengan syarat yang ditetapkan sehingga peruntukan fasilitas hunian yang tepat sasaran," ungkapnya.

Sebagai informasi, saat ini sebanyak 1.790 orang telah lolos seleksi dan memenuhi syarat untuk memiliki hunian DP nol rupiah di Klapa Village, Pondok Kelapa, Jakarta Timur.
(ysw)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak