Minim Pengalaman, Politisi Muda di DPRD DKI Perlu Belajar dari Seniornya

Rabu, 28 Agustus 2019 - 09:28 WIB
Minim Pengalaman, Politisi Muda di DPRD DKI Perlu Belajar dari Seniornya
Minim Pengalaman, Politisi Muda di DPRD DKI Perlu Belajar dari Seniornya
A A A
JAKARTA - Sejumlah nama baru menghiasi anggota DPRD DKI periode 2019-2024 yang sudah dilantik beberapa hari lalu. Partai yang menaungi para politisi muda itu diminta perlu memberi pelatihan dan asupan pengetahuan agar mereka bisa menjadi legislator unggul.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) Ujang Komarudin, berpendapat bahwa kapasitas anggota DPRD DKI yang baru serta pengalaman politik yang masih sedikit harus terlebih dahulu dilatih oleh partai. (Baca Juga: Dilantik Senin, Ini Komposisi dan Nama-nama Anggota DPRD DKI Jakarta)

"Menjadi anggota DPRD adalah sebuah amanah kepercayaan publik, nah ketika mereka berusia muda, pengalaman masih sedikit ini kan perlu belajar, perlu latihan, perlu mendapatkan asupan pengetahuan dan pengalaman politik. Tentu yang sifatnya belajar dari senior maupun sifatnya training dari partai dan juga praktek lapangan," ujar Ujang saat dihubungi SINDOnews, Rabu (28/8/2019).

Terlebih partai politik sebagai rumah bagi para legislator, seharusnya dapat memberikan warna tersendiri bagi masyarakat Jakarta yang mempercayakan semuanya kepada anggota DPRD DKI terpilih. (Baca Juga: 106 Anggota DPRD DKI 2019-2024 Selesai Dilantik dan Diambil Sumpah)

"Jadi partailah yang memang harus memberikan pelatihan pelatihan/training agar menjadi legislator yang unggul. sehingga ketika bekerja, dalam konteks legislasi, pengawasan dan penganggaran itu, langsung on the track, langsung running," paparnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9416 seconds (0.1#10.140)