Viral Bayi Baru Lahir Disandera, Ini Penjelasan RSIA Bunda Aliyah

Kamis, 04 Januari 2018 - 19:53 WIB
Viral Bayi Baru Lahir Disandera, Ini Penjelasan RSIA Bunda Aliyah
Viral Bayi Baru Lahir Disandera, Ini Penjelasan RSIA Bunda Aliyah
A A A
DEPOK - Seorang ibu bernama Leni Marlina meninggal dunia seusai melahirkan anaknya di Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Bunda Aliyah, Jalan Kartini, Pancoran Mas, Kota Depok, pada Selasa (2/2/2018) lalu. Nyawanya tak tertolong lantaran mengalami kejang-kejang dan pendarahan. Beruntung nyawa bayinya bisa diselamatkan.

Biaya persalinan dengan cara operasi caesar mencapai Rp13 juta. Namun pihak keluarga disebut-sebut tidak mampu membayar biaya persalinan itu. Pesan berantai pun beredar yang menyebut pihak RS menahan bayi almarhum lantaran tidak membayar biaya persalinan.

Menanggapi pesan berantai ini, pihak RSIA Bunda Aliyah menegaskan bahwa informasi tersebut tidak benar."Tidak benar kalau ditahan. Yang benar adalah kondisi sang anak belum bisa dipulangkan karena masih dalam perawatan NICU," ujar perwakilan RSIA Bunda Aliyah, Rina, Kamis (4/1/2018).

Ia memastikan pihak rumah sakit tidak pernah mempersoalkan biaya. Pihak rumah sakit melakukan penanganan secara prosedural. "Kami membantah kalau ada penagihan masalah biaya. Untuk biaya pasti semua rumah sakit diawal akan meminta biaya, namun karena pasien warga Depok maka semua dapat di tanggung oleh pemerintah," katanya.

Ia menyebutkan, Leni menghembuskan nafas pasca persalinan karena sebelumnya sempat mengalami pendarahan. Selama ini pasien tidak pernah melakukan pengecekan kehamilan di RSIA Bunda Aliyah. (Baca: Kasus Debora, Dinkes DKI Sebut RS Lakukan Pelanggaran Administratif)

Dokter spesialis kebidanan dan penyakit kandungan RSIA Bunda Aliyah, Irwan, mengungkapkan, pasien datang dalam kondisi kandungan sudah keadaan gawat darurat. "Pasien keracunan kehamilan dan mengalami gawat darurat," katanya.

Dr Irwan menyebutkan kondisi bayi saat ini sudah membaik. Alat bantuan oksigen juga sudah dilepas. "Bayi saat ini berada di ruang NICU, sedangkan ibunya meninggal di ruang ICU. Saat operasi caesar, stok darah kita nggak ada. Operasi ketika itu butuh waktu satu jam, " jelasnya.
(thm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7881 seconds (0.1#10.140)