Nabung sampah, Bocah SD Miliki Rekening Ratusan Ribu

Rabu, 13 Mei 2015 - 14:32 WIB
Nabung sampah, Bocah SD Miliki Rekening Ratusan Ribu
Nabung sampah, Bocah SD Miliki Rekening Ratusan Ribu
A A A
JAKARTA - Miliki rekening senilai ratusan ribu rupiah mungkin biasa bagi orang dewasa namun tidak untuk siswa SD ini. Dengan modal sampah, bocah SD warga Kebon Kosong, Jakpus ini mempunyai tabungan Rp655 ribu.

Bocah SD ini memiliki tabungan sejak dibuat bank sampah di lingkungannya di RT 013/06, Kelurahan Kebon Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede mengatakan keberadaan bank sampah diharapkan bisa mengurangi sampah.

"Kalau setiap RW bisa buat bank sampah, ini bisa membantu pemerintah, " kata Mangara kepada wartawan di lokasi, Rabu (13/5/2015). Ia mengapresiasi kegiatan warga tersebut dalam menjaga lingkungannya.

Saat ini juga sudah banyak nasabahnya bahkan salah satu siswi kelas 5 SD sudah punya tabungan bank sampah hingga Rp655 ribu.

"Ini bisa dijadikan contoh untuk masyarakat lainnya. Barang sampah non organik bisa dipilah dan dapat menghasilkan uang," tambahnya.

Mangara menilai kesiapan bank sampah di lingkungan tersebut sudah sangat baik, selain menerima sampah yang bisa diolah dari masyarakat.

Di tempat tersebut juga sudah ada alat pengolahan sampah organik untuk dijadikan kompos. Bahkan setiap sampah sayuran dan makanan dihargai Rp500 setiap kilogramnya.

"Sudah cukup baik disini, alat timbangan lengkap dan langsung dilakukan pencatatan. Warga bisa ambil kapan saja uang penjualan sampah mereka," tutupnya.
(ysw)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7371 seconds (0.1#10.140)