Sandiaga Uno Janjikan UMKM Jadi Tulang Punggung Ekonomi Jakarta

Jum'at, 22 Juli 2016 - 18:21 WIB
Sandiaga Uno Janjikan UMKM Jadi Tulang Punggung Ekonomi Jakarta
Sandiaga Uno Janjikan UMKM Jadi Tulang Punggung Ekonomi Jakarta
A A A
JAKARTA - Balon Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno berjanji menjadikan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian di Jakarta. Terpilih atau tidaksebagi Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan berupaya melakukan hal tersebut.

Janji ini diucapkan balon gubernur dari Partai Gerindra saat mengunjungi pemukiman padat penduduk RW 07, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, tadi siang. Sandiaga mengungkapkan, akan menjadikan pelaku UMKM sebagai tulang punggung perekonomian DKI Jakarta.

"Meskipun tidak terpilih nanti menjadi Gubernur. Saya akan membantu Pemprov DKI mencarikan lahan yang konsepnya terbuka," ungkap Sandiaga Uno, Jumat (22/7/2016). Sandiaga Uno menuturkan, Jakarta harus memiliki destinasi wisata kuliner dan UMKM di setiap wilayah.

"Bagaimana mencari lahanya, ya dengan pendekatan seperti ini. Warga kita perdayakan dan pemukimannya kita tata agar menyisakan lahan untuk berjualan. Pastinya kampung deret program Presiden Jokowi sata menjadi Gubernur DKI kita teruskan. Kalau ditata pasti rapi dan ada lahan untuk berjualan," jelasnya.

Untuk diketahui tadi siang Sandiaga Uno mendatang pemukiman padat penduduk RW 07, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat, untuk melihat hasil kerajinan tangan ibu-ibu di kampung tersebebut yang menjadi anggota koperasi Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB).

"Kami sedang menunggu Ibu Veronica Colondam (Pendiri YACB) dan Sandiaga Uno datang ke sini. Mereka itu yang memberi kami modal untuk berusaha di sini," kata Warsini (43) warga RT 12/07, Bendungan Hilir, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Warisini telah lima tahun menjadi anggota koperasi YCAB bersama puluhan ibu-ibu lainnya kini sudah mampu menghasilkan uang sendiri tanpa bergantung pada suami.

"Saya jualan kue, ada juga yang salon, jualan pakaian dan sebagainya. Kami diberi pinjaman sebesar Rp5 Juta yang dicicil setiap minggu sampai 20 minggu. Sudah ada yang bisa kuliahkan anak-anaknya," ujarnya.

Warsini juga bercerita terkadang para anggota koperasi yang umumnya berjualan di pinggir jalan itu kerap menjadi musuh petugas Satpol PP. Dia berharap, apabila Sandiaga Uno terpilih menjadi Gubernur nanti, bisa mencarikan lokasi berjualan yang aman dan mampu mendatangkan pembeli.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0610 seconds (0.1#10.140)
pixels