Ini Alasan Buruh Tolak Reklamasi Teluk Jakarta

Minggu, 01 Mei 2016 - 22:21 WIB
Ini Alasan Buruh Tolak Reklamasi Teluk Jakarta
Ini Alasan Buruh Tolak Reklamasi Teluk Jakarta
A A A
JAKARTA - Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menjelaskan, alasannya menolak reklamasi teluk Jakarta. Walaupun, Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan, tidak ada kaitannya reklamasi dengan buruh.

"Ya kami tolak reklamasi ada beberapa pertimbangan, Gubernur Ahok mengatakan apa urusannya buruh ngurusin reklamasi, pertama di situ ada buruh pelabuhan ada buruh informal, di Pasar Ikan, Kalijodo ataupun penggusuran Kampung Pulo. Apalagi reklamasi di situ kampung-kampung nelayan, nelayan adalah buruh," kata Said di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (1/5/2016).

Buruh pelabuhan yang selama ini ada di Pasar Ikan mau tidak mau digusur dan dipindah ke rusun yang membuat mata pencaharian mereka hilang.

"Jadi di sana ada buruh, yang menjadi anggota kami buruh pelabuhan bongkar muat yang tinggal Pasar Ikan nanti ada hubungannya dengan reklamasi, buruh-buruh informal," tukasnya.

Kemudian, kata dia, reklamasi itu hanya mematikan mata pencaharian para nelayan. Reklamasi itu juga hanya merusak lingkungan.

"Reklamasi ini mengancam kehidupan nelayan dan lingkungan. Di seluruh dunia serikat buruh peduli terhadap tiga hal, satu lingkungan dua tentang HAM, ketiga tentang hak buruh. Tiga ini selalu diperjuangkan oleh serikat buruh," tukasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4528 seconds (0.1#10.140)