Peneliti LIPI: Sangat Aneh, Ada Parpol Dukung Calon Independen

Rabu, 30 Maret 2016 - 15:52 WIB
Peneliti LIPI: Sangat Aneh, Ada Parpol Dukung Calon Independen
Peneliti LIPI: Sangat Aneh, Ada Parpol Dukung Calon Independen
A A A
JAKARTA - Adanya partai politik (parpol) yang mendukung bakal calon kepala daerah dari jalur independen merupakan salah satu keanehan. Penilaian ini diutarakan peneliti senior dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro.

Siti Zuhro mengatakan, sangat aneh bila ada parpol yang mendukung calon kepala daerah dari jalur independen. Siti menuding adanya pengaburan makna undang-undang yang sudah dibuat.

"Aneh menurut saya, meletakkan parpol dalam posisi yang sulit karena ternyata mereka cuma membonceng. Padahal kalau parpol dapat suara banyak jadi perahu tapi malah membonceng petahana, ini yang tidak boleh. Kalau ada orang yang sudah bilang maju calon perseorangan harusnya dihormati jangan diboncengi dan sebagainya," ujar wanita yang akrab disapa Wiwik ini dalam diskusi publik Jalur Perseorangan: Penguatan Demokrasi atau Deparpolisasi di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/3/2016).

Siti Zuhro menambahkan‎ tidak ada keuntungan bagi partai pendukung perseorangan, karena hanya akan mendapatkan kekuasaan saja. "Tidak ada yang tidak beruntung dalam pilkada, pemilu, selalu iming-imingnya beruntung. Paling tidak ada kekuasaan yang dijanjikan, bukan kepada dampak manfaatnya," ujarnya.

‎Perlu diketahui, setidaknya sudah ada dua partai politik yang mendukung bakal calon perseorangan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Kedua partai itu yakni Partai Nasdem dan Partai Hanura.

Kedua partai ini mendukung Gubernur DKI Jakarta untuk maju dalam jalur perseorangan. Mereka berdua ikut dalam membantu pengumpulan ‎fotokopi KTP warga DKI Jakarta.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8882 seconds (0.1#10.140)