DKI Minta Kemendagri Segera Putuskan APBD Perubahan

Selasa, 01 September 2015 - 07:24 WIB
DKI Minta Kemendagri Segera Putuskan APBD Perubahan
DKI Minta Kemendagri Segera Putuskan APBD Perubahan
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta berharap Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) segera menetapkan APBD Perubahan. Semakin cepat pencairan APBDP DKI 2015, penyerapan semakin besar.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI Jakarta Tuty Kusumawati mengatakan, saat ini masih menunggu Kemendagri perihal penelitian dokumen APBD-P DKI 2015. Menurut Tuty, semakin cepat penelitian, tentunya akan semakin cepat pencairan anggaran.

Sehingga, dengan sisa waktu diperubahan yang hanya tinggal tiga bulan hingga Desember nanti, pengguna anggaran mampu memaksimalkan rencana kegiatan dan tentunya mempengaruhi penyerapan. "Minggu ini masih dibahas internal oleh Kemendagri. Kalau mereka mau klarifikasi biasanya kami dilibatkan. Kami perkirakan pertengahan September sudah bisa dicairkan," kata Tuty Kusumawati di Balai Kota, Senin 31 Agustus 2015 kemarin.

Tuty menjelaskan, APBDP DKI 2015 mengalami penurunan sekitar Rp4 tiliun dari Rp69 menjadi Rp65 triliun. Begitu juga dengan belanja daerah yang sebelumnya sebesar Rp63,65 menjadi Rp59,68 triliun.
Sementara, pembiayan daerah mengalami kenaikan sekitar Rp400 miliar dari sebelumnya Rp5,6 triliun menjadi Rp6 triliun. Tuty menuturkan, penurunan tersebut disebabkan oleh target pendapatan pajak yang ditargetkan sebesar Rp36 triliun mengalami penurunan sebesar Rp32,4 triliun.

"Prioritas kegiatan pada perubahan tentunya berkisar dengan waktu yang mampu diselesaikan di penghujung tahun. Sementara kegiatan yang sudah direncanakan tetapi tidak masuk dalam perubahan akan dialokasikan kembali pada tahun anggaran 2016," jelasnya.
(whb)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0578 seconds (0.1#10.140)