Cegah Banjir Rob, Tanggul Laut di Kawasan Pluit Mulai Ditinggikan

Kamis, 05 Januari 2023 - 23:32 WIB
loading...
Cegah Banjir Rob, Tanggul Laut di Kawasan Pluit Mulai Ditinggikan
Satuan Tugas Sumber Daya Air (SDA) melakukan peninggian tanggul di Jalan Pendaratan Udang, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Kamis (5/1/2023). Foto: SINDONEWS/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Banjir rob mengancam wilayah Jakarta Utara menyusul adanya fenomena Bulan Purnama. Untuk itu, Dinas Sumber Daya Air (SDA) mulai melakukan peninggian tanggul di beberapa lokasi.



Salah satunya, peninggian tanggul di Jalan Pendaratan Udang, Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan. Kepala Satuan Pelaksana SDA Kecamatan Penjaringan, Pendi, mengatakan, peninggian tanggul bertujuan sebagai antisipasi naiknya air laut ke permukaan.

"Sebagai antisipasi penanggulangan naiknya air laut ke daratan atau biasa disebut rob. Dikerjakan mulai hari ini oleh sebanyak 21 petugas SDA Kecamatan Penjaringan," kata Pendi, Kamis (5/1/2023).



Sebagai tindak lanjut arahan Kadis SDA Provinsi DKI Jakarta, kata Pendi, pembuatan tanggul tersebut direncanakan memiliki panjang 47 meter, lebar 50 cm, dan tinggi 50 cm.

"Dalam peninggian tanggul tersebut kami akan membuat kerangka tambahan untuk memperkuat tanggul baru dari yang sudah ada atau tanggul eksisting," ungkap Pendi.



Pendi berharap apa yang dikerjakan SDA Kecamatan Penjaringan dapat mengurangi dampak dari rob yang bakal datang. Waktu pengerjaan tanggul diperkirakan selesai dalam dua pekan.

"Semoga dengan bertambahnya tinggi tanggul dapat mengurangi dampak rob di wilayah Jakarta Utara, sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitasnya seperti biasa tanpa terganggu," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6225 seconds (0.1#10.140)