Cegah Banjir Rob 3-10 Januari, DKI Siagakan Pompa dan Posko Pengungsian

Rabu, 04 Januari 2023 - 11:26 WIB
loading...
Cegah Banjir Rob 3-10 Januari, DKI Siagakan Pompa dan Posko Pengungsian
Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono mengerahkan pompa hingga posko pengungsian untuk mengantisipasi banjir rob pesisir utara Jakarta. Foto/MPI/M Refi Sandi
A A A
JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air (SDA) telah menyiapkan sejumlah pompa di sejumlah titik rawan terjadi genangan guna mencegah potensi banjir rob di Pesisir Utara Jakarta pada periode 3-10 Januari 2023.

”Terkait kesiapannya tentu kami sudah siapkan beberapa pompa yang sudah standby,” ujar Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Workshop Alkal Dinas Bina Marga, Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (4/1/2023).



Heru juga mengimbau masyarakat agar terus memantau informasi perkembangan cuaca dari Badan Meteorologi,Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). ”Tentunya saya imbau juga dengan masyarakat selalu membaca imbauan BMKG,” ucap Heru.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Setda DKI Jakarta, Afan Adriansyah menyebut penanganan banjir rob sama halnya dengan penanganan banjir dari hulu maupun lokal. Nantinya ada informasi dari BPBDsebagai peringatan dini.



”Terkait penanganan rob sama seperti penangan banjir baik dari hulu maupun hujan lokal. Jadi petugas BPBD sudah menginfokan ke rekan-rekan wilayah dan sudah menginfokan kepada masyarakat yang sekitarnya terdampak untuk siap-siap,” ujar Afan.

Lebih lanjut, Afan mengatakan Pemprov DKI jugatelah menyiapkan tempat pengungsian bagi warga terdampak banjir. Namun, Ia tidak menjelaskan secara detail lokasi pengungsian yang disediakan Pemprov DKI.



Sebelumnya, BPBD Provinsi DKI Jakarta mengimbau masyarakat untuk waspada banjir roba di pesisir utara Jakarta pada periode 3-10 Januari 2023. Hal itu berkaitan adanya fenomen bulan purnama atau full moon.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1388 seconds (0.1#10.140)