Dulu Terbengkalai Kini Rumah Mewah Tiko yang Sudah Bersih Jadi Tempat Warga Berfoto Selfie

Kamis, 05 Januari 2023 - 18:08 WIB
loading...
Dulu Terbengkalai Kini Rumah Mewah Tiko yang Sudah Bersih Jadi Tempat Warga Berfoto Selfie
Rumah megah tempat Tiko merawat ibunya selama 12 tahun mendadak didatangi warga untuk berfoto-foto atau selfie. Rumah itu berlokasi di Kompleks PLN, Cakung, Jakarta Timur. Foto: MPI/Bachtiar Rojab
A A A
JAKARTA - Kisah Pulung Mustika Abima alias Tiko (23) yang merawat sang ibu selama 12 tahun di rumah mewahnya tanpa listrik ramai diperbincangkan publik. Selama merawat Eny Sukaesih (58) yang mengalami gangguan jiwa, rumah mewah berlantai dua itu terbengkalai.

Hari ini, Kamis (5/1/2023) rumah megah yang jadi tempat Tiko merawat ibunya mendadak didatangi warga untuk berfoto-foto atau selfie .

Rumah yang dulunya berantakan dipenuhi sampah hingga ditutupi semak belukar kini menjadi leluasa dikunjungi. Meski, lumut dan kerak lumpur masih ada di sekeliling rumah mewah tersebut.
Baca juga: Kisah Tiko Rawat Ibunya Selama 12 Tahun di Rumah Mewah Terbengkalai, Pernah Dagang Gorengan hingga Jadi Sekuriti

Akibat viralnya video rumah mewah Tiko membuat warga berbondong-bondong melihat keadaan rumah tersebut. Nia (36), warga setempat penasaran dengan kisah viral yang heboh di TikTok itu.

Dia sering melewati rumah Tiko yang berada di Kompleks PLN, Cakung, Jakarta Timur. "Saya kira rumah kosong, jadi penasaran saja," kata Nia.

Berdasarkan pantauan, rumah mewah Tiko dimasuki beberapa warga. Mereka tidak segan mengitari rumah Tiko sambil sibuk berselfie.

Dulu, Tiko termasuk orang yang berkecukupan. Sebab, ibu dan ayahnya bekerja sebagai rekanan Departemen Keuangan.

Kemudian, kondisi kejiwaan ibunya memburuk ketika ayahnya meninggalkan Tiko dan sang ibu. Parahnya, kondisi keuangan ikut terganggu akibat ditinggalkan ayahnya.

"Mungkin (ibu sakit jiwa) karena kepergian papa dan kondisi yang begitu mendadak kolaps usahanya," ujar Tiko.
Baca juga: Selama 12 Tahun, Anak Rawat Ibunya di Rumah Mewah Terbengkalai Tanpa Listrik di Jaktim

Di saat usianya masih menginjak belasan tahun, Tiko memilih terus merawat ibunya. Bahkan, dia merawat ibunya sendirian tanpa bantuan orang lain.

"Karena niatanku dari awal untuk ngerawat ibu. Kondisinya seperti itu rawat jalan saja tanpa diobatin di rumah sakit," ujarnya.

Kini, Tiko dan ibunya banyak mendapat pertolongan. Ibunya telah dibawa ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan. Tak hanya itu, rumah Tiko turut dibersihkan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)