Miris! Butuh Uang untuk Makan, Pria Ini Nekat Mencuri Gerobak Sampah

Selasa, 03 Januari 2023 - 10:41 WIB
loading...
Miris! Butuh Uang untuk Makan, Pria Ini Nekat Mencuri Gerobak Sampah
Seorang pria bernama Duro (50), nyaris menjadi bulan-bulanan warga di Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat. Duro ditangkap basah mencuri gerobak sampah milik warga. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Seorang pria bernama Duro (50), nyaris menjadi bulan-bulanan warga di Kelurahan Tanah Sereal, Tambora, Jakarta Barat. Duro ditangkap basah mencuri gerobak sampah milik warga.

Kapolsek Tambora, Kompol Putra Pratama menjelaskan, pencurian ini terjadi pada Senin, 2 Januari 2023 sekitar pukul 15.40 WIB. Awalnya pelaku berpura-pura mengenakan seragam Unit Pelaksana Kebersihan (UPK) Badan Air, Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta.



Tanpa butuh waktu lama, pelaku kemudian melakukan aksinya dengan mencuri gerobak yang ada di samping Pos RW15.

"Baju ini adalah modusnya agar warga tidak curiga saat pelaku mencuri gerobak sampah," ujar Putra dalam keterangannya, Selasa (3/1/2023).

Miris! Butuh Uang untuk Makan, Pria Ini Nekat Mencuri Gerobak Sampah


Selanjutnya, salah seorang warga kemudian memergoki pelaku yang sedang membawa gerobak sampah itu. Pasalnya, wajah pelaku disebut warga bukan petugas yang biasa memungut sampah di sekitar kawasan tersebut.

"Pelaku kemudian mengakui kesalahannya dan memohon maaf kepada warga," katanya.

Kepada polisi, pelaku mengaku melakukan perbuatannya itu untuk memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. Pelaku memiliki tiga anak yang masih kecil dan membutuhkan uang untuk makan.

Selain di wilayah Tambora, pelaku juga pernah melakukan pencurian gerobak di daerah Pademangan Barat, Pademangan, Jakarta Utara.

Atas dasar iba, pengurus RW dan tokoh agama setempat kemudian memaafkan pelaku dan tidak ingin melanjutkan tindak pidana ini ke ranah hukum.

“Setelah musyawarah warga, tindak pidana ini diselesaikan melalui restorative justice. Pelaku kami kembalikan ke keluarganya. Sebelum itu, seragam UPK Badan air, yang dipakai pelaku kita amankan di Polsek Tambora agar tidak disalahgunakan lagi untuk modus mencuri," tutupnya
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)