Sejarah Kampung 'Mati' Vietnam di Kramat Jati Jakarta Timur

Senin, 26 Desember 2022 - 16:06 WIB
loading...
Sejarah Kampung Mati Vietnam di Kramat Jati Jakarta Timur
Sejarah Kampung ‘Mati’ Vietnam menjadi sebuah topik yang menarik untuk dibahas. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Sejarah Kampung ‘Mati’ Vietnam menjadi sebuah topik yang menarik untuk dibahas. Pada perkembangannya, tempat ini menjadi salah satu lokasi yang kerap dianggap angker dan menyeramkan.

Dalam letaknya, Kampung Vietnam ini merupakan sebuah perkampungan yang terletak di Kramat Jati, Jakarta Timur. Dalam riwayatnya, tempat tersebut memiliki sejarah panjang yang menarik untuk diulik lebih lanjut.

Baca juga : Kampung Nelayan di Jakarta, Nomor 1 Bikin Takjub

Pada teori yang populer, Kampung Vietnam ini dulunya disebut sebagai tempat pengungsian tentara Vietnam. Setelahnya, lokasi tersebut juga sempat beralih fungsi menjadi panti jompo.

Lantas, bagaimana sebenarnya sejarah dari Kampung “Mati” Vietnam ini?

Mengutip informasi dari salah satu video di kanal Youtube RCTI Infotainment yang tayang pada 24 September 2019, kampung tersebut dulunya pernah digunakan sebagai tempat pengungsian orang Vietnam pada tahun 70-an hingga awal 80-an, sebelum akhirnya mereka dipindahkan ke Pulau Bintan.

Adapun informasi tersebut disampaikan oleh seorang penjaga bangunan yang telah lama bertugas di Kampung Vietnam, yaitu Lili Sarwiji.

“Ini dulu itu tempat penampungan orang jompo, bisa dikatakan juga tempat penampungan orang vietnam juga.”

“Kemudian, tahun 81 itu Vietnam persisnya di bulan Agustus dipindahkan ke Pulau Bintan. Kemudian, tinggal orang panti jomponya.” ucap Lili Sarwiji seperti dikutip, Senin (26/12/2022).

Baca juga : Asal Usul Cijantung, Daerah Angker Markasnya Pasukan Elite Kopassus
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)