Cerdas dan Enerjik, Begini Cara Santi Pimpin Warga Kelurahan Duren Sawit

Sabtu, 10 Desember 2022 - 17:57 WIB
loading...
Cerdas dan Enerjik, Begini Cara Santi Pimpin Warga Kelurahan Duren Sawit
Lurah Duren Sawit Santi Nur Rifiandini sukses membangun kerukunan dan keguyuban masyarakat serta responsif dalam memberikan pelayanan warga. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kelurahan Duren Sawit merupakan salah satu wilayah di Jakarta Timur yang termasuk kawasan potensial dalam hal peningkatan infrastruktur dan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Saat ini, Kelurahan Duren Sawit dipimpin perempuan cantik yang enerjik lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) tahun 2005 bernama Santi Nur Rifiandini.

Dengan sejumlah pengalaman dan totalitasnya, Lurah Santi terbilang sukses membangun kerukunan dan keguyuban masyarakat serta responsif dalam memberikan pelayanan warga.
Baca juga: 8 Kelurahan di Jakut dan Kepulauan Seribu Deklarasi Kelurahan Lengkap

"Alhamdulillah warga kami termasuk harmonis dan guyub. Kami selalu jaga kekompakkan dengan terus menjalin koordinasi bersama para ketua RW dan tokoh masyarakat," ujar Santi, Sabtu (10/12/2022).

Dia berkomitmen terus meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat. Pihaknya sebisa mungkin memitigasi kerawanan seperti banjir, kebakaran, dan tawuran.

"Kalau genangan di sini masih ada, tapi alhamdulillah tidak sampai mengungsi. Jadi ketika hujan reda cepat surut. Masalah lampu dan jalan rusak, insyaallah cepat penanganannya," katanya.

Salah satu terobosan yang berhasil dilakukan Santi adalah dibentuknya Posyandu Remaja. Untuk mewujudkan programnya itu, meski sempat ragu karena berbagai tantangan, namun akhirnya berhasil meresmikan Posyandu Remaja pada 27 November 2022 lalu.

"Dahulu di Duren Sawit belum ada Posyandu Remaja. Alhamdulillah kini telah terbentuk dan ke depan akan kita tambah lagi. Kendalanya cukup banyak karena tidak ada anggaran dan Ketua RW-nya baru," ucapnya.

Terkait pelayanan warga, terpenting adalah bagaimana merespons dan menanggapi apa yang menjadi harapan warga.

Santi sejak pertama bertugas di Duren Sawit terus menjalin koordinasi dan komunikasi dengan semua pihak mulai dari RT, RW, kader, karang taruna dan lain-lain.

"Saya termasuk yang mengharuskan segala sesuatu tercatat, terarsipkan. Jadi, kalau pengaduan misalnya selain melalui WhatsApp juga diusahakan bersurat. Karena kan tertib administrasi, kalau pemerintah kan mesti ada hitam di atas putihnya," ungkap Santi.

Strategi dia membangun kondusivitas lingkungan antara lain dengan melakukan pendekatan terhadap kalangan perempuan. Salah satunya mengunjungi emak-emak.

"Ketika mengunjungi balita kurang gizi atau Bawah Garis Merah (BGM), saya upayakan membawa bingkisan seperti susu dan pampers yang memang bermanfaat untuk balita," ucapnya.

Menurut dia, karena warganya beragam dari segi latar belakang ras, etnis dan pendidikan, dirinya tak jarang menghadapi problematika sosial yang muncul.

"Mungkin karena saya perempuan jadi gayanya beda dengan laki-laki. Ketika menghadapi hal seperti ini jadi harus lebih ramah sehingga hatinya menjadi lunak, karena kalau sapaan awalnya baik kesannya akan baik," ungkapnya.

Diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono merupakan salah satu warga Kelurahan Duren Sawit. Santi menyampaikan Heru merupakan pejabat tinggi yang tidak menutup diri dan mudah bergaul serta punya kepedulian dengan lingkungan.

Saat ditanya agenda inspeksi mendadak dan kunjungan atau blusukan yang sering dilakukan Heru, dia sangat mendukung dan berharap bisa menjadi motivasi semua pegawai di kelurahan dalam mengakselerasi kepentingan warga.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1631 seconds (0.1#10.140)