Sebelum Membunuh Icha, Rudolf Sempat Cek CCTV di Kamar Apartemen

Rabu, 07 Desember 2022 - 19:13 WIB
loading...
Sebelum Membunuh Icha, Rudolf Sempat Cek CCTV di Kamar Apartemen
Christian Rudolf Tobing (36), tersangka pembunuhan Ade Yunia Rizabani alias Icha (36) tertunduk lesu di Polda Metro Jaya, Senin (24/10/2022). Foto: Dok/MPI
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya melanjutkan proses rekonstruksi pembunuhan Ade Yunia Rizabian alias Icha (36), dengan tersangka Christian Rudolf Tobing (36). Rekonstruksi dilanjutkan di kamar Apartemen Green Pramuka, Jakarta Pusat yang menjadi lokasi pembunuhan Icha.

Rudolf datang seorang diri dan bertemu seorang saksi penyedia jasa sewa kamar di apartemen. Kemudian masuk dan menuju kamar di lantai 18 yang disewanya.

Sesampainya di dalam kamar, pelaku langsung melihat seluruh ruang untuk memeriksa, apakah ada CCTV yang terpasang. Meyakinkan dirinya, Rudolf sempat mematikan seluruh lampu di kamar. Sebab kamera CCTV umumnya mengeluar cahaya berwarna merah yang mudah dilihat dalam kondisi gelap.



"Adegan tersangka menyalakan lampu senter HP miliknya dan mengecek setiap ruangan untuk memastikan tidak ada CCTV di kamar apartemen," kata penyidik, Rabu (7/12/2022).

Kemudian Rudolf pun mengarahkan cahaya lampu dari ponselnya ke langit-langit ruangan dan juga sudut-sudut dinding untuk memastikan tidak ada kamera CCTV. Setelah merasa aman, Rudolf akhirnya menyalakan kembali lampu-lampu di kamar apartemen, lalu menonton televisi untuk menunggu kedatangan korban.

Diketahui, Rudolf Tobing (36) tega membunuh teman dekatnya sendiri, Ade Yunia Rizabani alias Icha (36) karena dia tidak memiliki akses untuk menghabisi nyawa target utamanya.

Kasus ini sempat mengejutkan publik. Pasalnya, Senin 17 Oktober 2022 jasad Icha ditemukan di dalam plastik berwarna hitam dengan lakban di kolong Tol Becakayu, Jatibening, Bekasi.

Rudolf dijerat Pasal 340 subsider Pasal 338 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pembunuhan Berencana, dan Pasal 365 KUHP tentang Pencurian dengan Kekerasan.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1830 seconds (0.1#10.140)