Cegah Banjir, Dinas SDA DKI Bakal Keruk 100 Titik Lumpur di 5 Kota Jakarta

Jum'at, 18 November 2022 - 07:53 WIB
loading...
Cegah Banjir, Dinas SDA DKI Bakal Keruk 100 Titik Lumpur di 5 Kota Jakarta
Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta bakal mengeruk 100 titik lumpur di lima Kota Administrasi Jakarta. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta bakal mengeruk 100 titik lumpur di lima Kota Administrasi Jakarta. Pengerukan itu sebagai upaya Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI mencegah genangan dan banjir.

"Tidak di sini saja (Waduk Ria Rio) ada 100 titik di DKI yang kita lakukan pengerukan di lima wilayah," ujar Kepala Dinas SDA Yusmada Faisal di Waduk Ria Rio, Pulo Mas, Jakarta Timur, Kamis 17 November 2022. Baca juga: Antisipasi Banjir, Anies Pamer Pengerukan Lumpur di Sejumlah Wilayah

Yusmada menuturkan, pengerukan sedimen lumpur dan sampah ini penting dilancarkan sebagai upaya mengurangi volume air pada saat musim hujan di kali serta melancarkan aliran air yang biasanya tersumbat akibat sampah.



"Supaya kapasitas saluran, waduk, itu sesuai dengan kapasitasnya, sehingga air bisa ditampung cepat," ungkapnya.

Lebih lanjut, Yusmada menuturkan, pihaknya juga membangun rumah pompa Pulo Mas. Rumah pompa Pulo Mas ini akan difungsikan untuk mengatur mengatur ketinggian Waduk Ria Rio. Sehingga dapat mengatasi genangan di kawasan tersebut.

"Penambahan pompa ini dalam rangka mengatisipasi (banjir) mulai dari Jalan Perintis Kemerdekaan, ahmad yani, ke pemuda. Kampung ambon itu," jelasnya.

Diketahui, Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono turut menyidak progres pembangunan rumah pompa Pulomas di Waduk Ria Rio, Kayu Putih, Jakarta Timur. Heru, menyempatkan datang meski Jakarta tengah diguyur hujan dengan berbagai intensitas.

"Di tengah gerimis hujan pagi ini, saya meninjau Rumah Pompa Pulomas di Waduk Ria Rio, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur. Selain memantau pengerukan waduk, saya juga memeriksa progres pembangunan rumah pompa di lokasi ini," ujar Heru dikutip dalam instagram @herubudihartono, Kamis 17 November 2022.

Heru menambahkan, Waduk tersebut nantinya bakal dilengkapi oleh tiga mesin pompa sekaligus. "Rumah Pompa Pulomas di Waduk Ria Rio ini nantinya akan dilengkapi tiga unit mesin pompa air berkapasitas total 5,5 meter kubik per detik," tuturnya.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3450 seconds (10.55#12.26)