Tolak Direlokasi, Siswa SDN Pondok Cina 1 Tetap ke Sekolah

Senin, 14 November 2022 - 16:19 WIB
loading...
Tolak Direlokasi, Siswa SDN Pondok Cina 1 Tetap ke Sekolah
Ratusan siswa SDN Pondok Cina 1 Depok pagi tadi tetap datang ke sekolah.Foto/SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
DEPOK - Ratusan siswa SDN Pondok Cina 1 Depok pagi tadi tetap datang ke sekolah. Ini sebagai bentuk penolakan relokasi terhadap siswa yang dilakukan Disdik Kota Depok lantaran akses masuk sekolah tersebut terkena proyek revitalisasi trotoar Jalan Margonda.

Meski ratusan siswa telah ke sekolah, namun tidak ada guru yang hadir. Siswa berada di dalam kelas namun tidak ada guru yang mengajar.

Akhirnya orang tua siswa dan anggota DPRD Depok pun turun tangan menjadi guru pengganti. “Hari ini anak-anak kembali bersekolah, tetapi tidak ada satu pun guru yang hadir. Sehingga para orang tua berinisiatif mengajar,” ungkap salah satu orang tua siswa, Ecy Tuasikal pada Senin (14/11/2022).

Orang tua bersikukuh tetap ingin anak-anak belajar di SDN Pondok Cina 1. Di area sekolah juga terpampang spanduk bertuliskan 'Menolak sekolah Numpang'.

Para orang tua siswa juga melakukan tanda tangan penolakan relokasi sekolah. “Ini lihat jumlah yang menolak relokasi SD Pondok Cina 1 kami orang tua siswa semuanya menolak,” ujarnya.

Dia menuturkan, DPRD Depok telah mengeluarkan rekomendasi. Pertama, terkait dengan pengalihan fungsi lahan SDN Pondok Cina 1 yang akan dialihkan/dibangun sarana ibadah (masjid Raya) untuk sementara waktu ditunda menunggu sampai adanya relokasi ke gedung sekolah pengganti yang baru.

Kedua, untuk mengembalikan hak–hak anak didik maka proses belajar mengajar harus tetap dilaksanakan pada gedung sekolah SDN Pondok Cina 1. Baca: Viral Akses Masuk SDN Pondok Cina 1 Tertutup Proyek Trotoar, Ini Sebabnya

Seluruh fasilitas sarana prasarana yang menjadi hak anak didik harus dikembalikan dan para karyawan/guru dan anak didik harus menjalankan proses belajar mengajar secara normal sesuai jadwal yang akan di mulai pada hari Senin, 14 November 2022.

Ketiga, terkait dengan proyek revitalisasi trotoar Jalan Margonda yang saat ini sedang berjalan dan menghalangi akses jalan masuk ke pintu gerbang SDN Pondok Cina 1, maka harus segera dibongkar dan diratakan demi keselamatan dan kenyamanan orang dan kenderaan yang akan melintas

"Jumat lalu orang tua siswa sudah melakukan audiensi dengan Komisi D dan Disdik Depok. Dan keluarlah tiga rekomendasi yang salah satunya hari ini anak-anak tetap belajar di sini dan seluruh guru tetap hadir,” tegasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Kota Depok, Rezky M Noor mengimbau kepada orang tua siswa untuk tidak menyalahkan guru. Dia mengajak orang tua siswa untuk bersabar dan tenang agar permasalahan ini ada jalan keluarnya.

“Kami imbau orang tua jangan salahkan guru, mungkin mereka tidak mengajar karena ada instruksi pimpinan,” katanya.

(hab)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1406 seconds (10.55#12.26)