Begini SOP Pengamanan Konser Musik Seperti Konser NCT 127 dari Kepolisian

Senin, 07 November 2022 - 16:30 WIB
loading...
Begini SOP Pengamanan Konser Musik Seperti Konser NCT 127 dari Kepolisian
SOP atau Standard Operating Procedure pengamanan konser musik masih menjadi pertanyaan sejumlah masyarakat. Foto DOK Okezone
A A A
JAKARTA - SOP atau Standard Operating Procedure pengamanan konser musik masih menjadi pertanyaan sejumlah masyarakat. Apalagi belakangan ini banyak konser musik yang dihentikan dan ditunda oleh polisi .

Setiap kegiatan keramaian, aparat kepolisian tentunya memiliki SOP keamanan tersendiri. Baik dari persiapan hingga pelaksanaan. Termasuk apabila ada ancaman seperti yang terjadi pada konser Boyband Korea Selatan, NCT 127 yang berlangsung di ICE BSD, Tangerang Selatan pada 4 November 2022.

Baca juga : Selain Sepak Bola, JIS Bisa Digunakan Konser Musik?

Sebelumnya sempat tersebar rumor bahwa terdapat bom yang terpasang dalam konser tersebut. Dalam hal ini pihak kepolisian mengungkapkan bahwa telah melakukan pengamanan secara ketat sesuai dengan SOP dalam peristiwa tersebut. Untuk itu konser tersebut dapat digelar dengan lancar.

Berikut SOP pengamanan yang dilakukan oleh pihak kepolisian seperti dilansir dari ntb.polri.go.id :

1. Setelah pihak kepolisian menerima surat permohonan bantuan pengamanan disertai lampiran Proposal kegiatan atau event, kemudian akan dilakukan koordinasi dengan panitia terkait pola pengamanan, dan survey lokasi.

2. Selanjutnya berkoordinasi dengan jajaran unit Intelkam Polsek dan Satuan Intelkam Polres untuk rekomendasi atau perijinan event tersebut

Baca juga : Konser Musik Dihentikan, Kapolres Jakpus: Ada Sumbatan Penonton

3. Unsur-unsur yang dilibatkan dalam pengamanan event masyarakat adalah sebagai berikut :

- Unit sabhara polsek / satuan sabhara polres sebagai satgas pencegahan
- Satuan Intelkam sebagai satgas Deteksi
- Satuan Reskrim sebagai satgas Gakkum
- Satuan Lalulintas sebagai satgas Rolakir
- Satuan Binmas sebagai tim Himbauan
- Si Propam sebagai Was Personil

Itulah mengapa sebelum konser tersebut dimulai akan ada pengecekan atau survei lokasi terlebih dahulu yang dilakukan oleh pihak Kepolisian baik itu ada isu atau rumor yang tersebar sebelumnya.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1863 seconds (0.1#10.140)