Selain Sepak Bola, JIS Bisa Digunakan Konser Musik?

Sabtu, 02 Juli 2022 - 07:18 WIB
loading...
Selain Sepak Bola, JIS Bisa Digunakan Konser Musik?
Jakarta International Stadium (JIS) di Jakarta Utara. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Jakarta memiliki stadion megah terbaru yang berdiri di wilayah Tanjung Priok, Jakarta Utara. Bernama JIS atau Jakarta International Stadium, stadion ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, pada 19 April 2022 melalui acara soft opening.

JIS merupakan stadion terbesar di Asia Pasifik yang berdiri di atas lahan seluas 26 hektare. Sementara itu, JIS juga mampu penonton sebanyak 82 ribu dengan standar stadion internasional FIFA.

Selain itu, JIS juga sangat ramah terhadap para penyandang disabilitas. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya akses khusus pada pintu utama di zona barat. Pintu masuk tersebut memiliki jembatan tersendiri, bukan anak tangga.

Ada pula toilet khusus dan 200 tempat duduk yang disediakan eksklusif untuk penyandang disabilitas. Hal ini bertujuan agar mereka juga dapat menikmati pertandingan dengan aman dan nyaman.

Satu hal yang menjadi pertanyaan, apakah JIS hanya bisa digunakan untuk perhelatan olahraga? Jawabannya, tentu tidak. Seperti diketahui, Anies sempat mengadakan check sound bersama para musisi Indonesia seperti Afghan dan grup musik Nidji pada Januari 2022. Baca juga: Megahnya Jakarta International Stadium, Ikon Baru Spirit Olahraga Jakarta

Kegiatan itu diunggah Anies melalui Instagram pribadinya. Dalam keterangan yang disertakan, Anies berharap JIS tidak hanya digunakan untuk keperluan olahraga, melainkan juga untuk hiburan seperti stadion-stadion lain di dunia.



Salah satu stadion megah yang juga digunakan sebagai arena pertunjukan musik dan hiburan adalah Wembley Stadium di Inggris. Lokasi yang dijadikan sebagai markas tim nasional Inggris dan venue final Piala Eropa 2020 ini sering dipakai sebagai tempat konser musisi dunia.

Sebut saja Adele, Metallica, U2, dan Muse. Di tahun 2022 ini, sederet penyanyi papan atas yakni Ed Sheeran, Coldplay, dan Westlife juga dijadwalkan akan menggelar konsernya di Wembley Stadium. Baca juga: Daftar Tempat Wisata di Sekitar Jakarta International Stadium

JIS dirancang multifungsi, termasuk untuk konser. Menurut Anies, JIS tak hanya memiliki rumput kelas dunia. Namun juga tata suara dan pencahayaannya yang dibuat terdepan dan berstandar internasional.

Sistem audio yang dimiliki JIS didukung dengan ruang tertutup di dalamnya. Sehingga, suara yang diproduksi si musisi dapat terdengar lebih mumpuni.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1771 seconds (10.101#12.26)