Megahnya Jakarta International Stadium, Ikon Baru Spirit Olahraga Jakarta

Sabtu, 18 Desember 2021 - 15:05 WIB
loading...
Megahnya Jakarta International Stadium, Ikon Baru Spirit Olahraga Jakarta
Stadion JIS saat ini tinggal percepatan pembenahan bagian internal. Dalam waktu dekat warga Ibu Kota bakal memiliki stadion megah bertaraf internasional. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam beberapa hari terakhir kerap memperlihatkan progres pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di akun media sosialnya. Pada Sabtu (18/12/2021) pagi Anies kembali menyapa warganet dengan memperlihatkan video kemegahan Stadion JIS.

Video tersebut memperlihat progres pembangunan mulai dari sisi luar stadion, lorong/pintu masuk, tribun penonton hingga sisi lapangan. Pembangunan Stadion JIS kini sudah mencapai 89 persen.

Baca juga: 4 Keunggulan JIS Dibanding Stadion Gelora Bung Karno yang Bikin Geleng Kepala

Stadion yang dibangun oleh PT Jakarta Propertindo (Jakpro) itu saat ini tinggal percepatan pembenahan bagian internal. Dalam waktu dekat warga Ibu Kota bakal memiliki stadion megah bertaraf internasional.

Desain bangunan utama Stadion JIS terinspirasi dari filosofi ikat kepala khas Betawi yang berbentuk kain melingkar dan unik. Pada bagian depan bangunan yang memiliki lubang-lubang kecil terinspirasi dari gigi balang dan fasad preforasinya. Jika dilihat dari kejauhan bagaikan corak Harimau.

Tak sampai di situ, begitu masuk ke dalam stadion hamparan rumput yang hijau menyegarkan mata. JIS merupakan stadion pertama di Indonesia yang memperoleh sertifikat green building level platinum.

JIS menyandang predikat bangunan yang ramah lingkungan level tertinggi. Salah satu faktor JIS meraih predikat tersebut karena menggunakan rumput hybrid sesuai standar FIFA.



Pencahayaan yang terang, deret tribun penonton makin menunjukkan bahwa stadion dengan kapasitas 82.000 orang itu menguatkan JIS sebagai wajah baru Jakarta yang sportif dan energik.

Stadion JIS menggunakan solar panel untuk menghemat energi listrik, dan Zero Run Off untuk sistem pengairan dan penghematan penggunaan air stadion. Burung kaki bayam digunakan sebagai perawat alami rumput stadion, serta preforated facade stadium yang tahan tekanan angin.

Baca juga: Kemegahan Jakarta International Stadium Persembahan untuk Warga Jakarta
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1042 seconds (10.101#12.26)