Deretan Kapolda Metro Jaya yang Jago Memberantas Terorisme

Kamis, 13 Oktober 2022 - 11:00 WIB
loading...
Deretan Kapolda Metro Jaya yang Jago Memberantas Terorisme
Polda Metro Jaya pernah dipimpin jenderal yang jago memberantas terorisme. Mereka banyak terlibat dalam perburuan gembong terorisme di Indonesia. Foto: Ilustrasi/MPI/Dok
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya pernah dipimpin jenderal yang jago memberantas terorisme. Mereka banyak terlibat dalam perburuan gembong terorisme di Indonesia.

Baca juga: 4 Kapolda Metro Jaya dengan Masa Jabatan Tersingkat, Terakhir Hanya 3 Bulan 19 Hari

Data riset Litbang SINDOnews, paling tidak terdapat dua jenderal polisi spesialias terorisme yang pernah menjadi Kapolda Metro Jaya. Keduanya adalah Tito Karnavian dan Idham Azis.

Deretan Kapolda Metro Jaya yang Jago Memberantas Terorisme


Berikut sepak terjang Tito Karnavian dan Idham Azis dalam memberantas terorisme di Tanah Air.

1. Muhammad Tito Karnavian
Tito Karnavian yang saat ini menjabat Menteri Dalam Negeri (Mendagri) pernah menduduki posisi Kapolda Metro Jaya saat berpangkat
Inspektur Jenderal (Irjen). Tito Karnavian menjabat Kapolda Metro Jaya periode 12 Juni 2015 hingga 21 Maret 2016.

Selama kariernya di kepolisian, Tito Karnavian banyak bertugas di bagian reserse. Ia manapak karier mulai di Polsek, Polres, Polda, hingga Polri. Sepak terjangnya dalam menangani aksi terorisme tergolong moncer.

Kiprah Tito Karnavian dalam menangani terorisme dimulai ketika ditugaskan di Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror pada 2004. Tito Karnavian bersama Densus 88 berhasil mengungkap jaringan gembong teroris di Indonesia.

Tito Karnavian berhasil melumpuhkan teroris dr Azhari dan kelompoknya di Batu, Malang, Jawa Timur, pada 9 November 2005. Dr Azhari ini merupakan teroris dalang Bom Bali.

Tak hanya itu, Tito Karnavian juga berhasil menangkap DPO kasus konflik Poso pada 2007. Dua tahun kemudian Tito berhasil membengkuk pimpinan teroris Noordin M Top pada tahun 2009.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2597 seconds (11.210#12.26)