5 Stasiun Kereta Api Terbesar di Jakarta, Nomor 3 Dibangun 1.700 Pekerja

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 13:48 WIB
loading...
5 Stasiun Kereta Api Terbesar di Jakarta, Nomor 3 Dibangun 1.700 Pekerja
Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan salah satu stasiun terbesar di Jakarta.Foto/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Stasiun kereta api merupakan salah satu sarana dan prasarana perkeretaapian yang sangat penting. Stasiun kereta api merupakan tempat naik turun penumpang kereta api.

Sejak era kolonial, Jakarta dikenal memiliki banyak stasiun kereta api. Sebab, peran kota ini sangat vital untuk pemerintahan dan pemindahan barang.

Stasiun kereta api di Jakarta saat ini bisa dikatakan nyaman untuk para penumpang. Di Jakarta terdapat puluhan stasiun kereta api yang melayani para penumpang. Baca: Sejarah Stasiun Manggarai, Pernah Disinggahi Jenderal Besar Soedirman

Dari puluhan stasiun kereta api tersebut, terdapat lima stasiun kereta api terbesar di Ibu Kota. Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut lima stasiun kereta api terbesar di Jakarta.

1. Stasiun Jakarta Kota

Jika bicara mengenai stasiun terbesar di Jakarta, pasti nama stasiun Jakarta Kota akan muncul. Stasiun yang memiliki 11 peron ini luasnya 325 hektare.

Stasiun Jakarta Kota ditetapkan sebagai bangunan cagar budaya pada 1993, berdasarkan SK Gubernur No. 475. Pembangunan stasiun selesai pada 19 Agustus 1929 dan diresmikan pada 8 Oktober 1929.

Melansir laman KAI, peresmian stasiun ini dilakukan secara besar-besaran dengan penanaman kepala kerbau oleh Jenderal A.C.D. de Graeff.
5 Stasiun Kereta Api Terbesar di Jakarta, Nomor 3 Dibangun 1.700 Pekerja

Foto/heritage.kai.id

Stasiun ini setiap harinya dipenuhi oleh penumpang Commuter Line atau KRL dari Jabodetabek. Sebab, Stasiun Jakarta Kota merupakan stasiun bertipe terminus, atau stasiun akhir dan tidak memiliki kelanjutan rel kereta api.

2. Stasiun Manggarai
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3526 seconds (11.210#12.26)