Sentra Agribisnis Terbesar Berkonsep Rumah Kaca Segera Beroperasi di Bekasi

Selasa, 04 Oktober 2022 - 15:51 WIB
loading...
Sentra Agribisnis Terbesar Berkonsep Rumah Kaca Segera Beroperasi di Bekasi
Pemkab Bekasi memastikan pembangunan pasar dan sentra agribisnis di Desa Sindangmulya, segera rampung. Pasar ini akan dilengkapi dengan tiga rumah kaca. Foto: SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BEKASI - Pemkab Bekasi memastikan pembangunan pasar dan sentra agribisnis di Desa Sindangmulya, Kecamatan Cibarusah, segera rampung. Pasar ini akan dilengkapi dengan tiga rumah kaca.

Lokasi ini akan menjadi pusat jual beli produk agraris dan peternakan terbesar di Kabupaten Bekasi. Ini merupakan tahap pertama dari rencana pembangunan pusat agribisnis terpadu di lahan seluas lima hektare tersebut. Keberadaan sentra agribisnis ini diyakini akan meningkatkan potensi ekonomi dari hasil bumi para petani dan peternak.

”Pembangunan ini baru tahap pertama, nantinya akan ada pembangunan lanjutan sehingga seluruh lahan bisa dimanfaatkan,” kata Kabid Bangunan Negara pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang, Kabupaten Bekasi, Benny Sugiarto Prawiro, Selasa (4/10/2022).

Baca juga: Hore! Kabupaten Bekasi Bakal Miliki Pasar Agribisnis di Cibarusah

Keberadaan kompleks pasar dan sentra agribisnis ini cukup menarik perhatian. Selain lokasinya yang berada di jalur utama Jalan Cikarang-Cibarusah, bentuk bangunannya terlihat unik.

Terlebih dengan keberadaan bangunan transparan yang mirip rumah kaca. Terdapat tiga rumah kaca yang berada di sayap kanan komplek agribisnis.

Sentra Agribisnis Terbesar Berkonsep Rumah Kaca Segera Beroperasi di Bekasi


Ketiga rumah kaca ini dibangun sejajar dengan luas masing-masing sekitar 4x6. Meski rumah kaca, namun atap yang digunakan menggunakan bahan plastik yang ramah lingkungan.

Rumah kaca itu diberi nama green house yang nantinya digunakan untuk budidaya tumbuhan dengan teknik aquaponik. Teknik ini menggabungkan antara akuakultur dengan hidroponik.

”Ini untuk budidaya tanaman yang terintegrasi dengan budidaya hewan air,” ungkapnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3522 seconds (11.210#12.26)