Rumah UMKM Halal Hub Wakaf MUI Mulai Produksi Komoditas Ekspor

Senin, 03 Oktober 2022 - 23:30 WIB
loading...
Rumah UMKM Halal Hub Wakaf MUI Mulai Produksi Komoditas Ekspor
Rumah UMKM yang dibangun Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (Wakaf MUI). Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Rumah UMKM yang dibangun Lembaga Wakaf Majelis Ulama Indonesia (Wakaf MUI) di Kawasan Industri Halal (KIH) Sidoarjo, Jawa Timur mulai memproduksi dan mengemas produk halal UMKM yang dikirim ekspor ke Saudi Arabia.

Produk UMKM yang diproduksi dan dikemas di rumah kemasan tersebut berupa tepung beras, tepung singkong, dan tepung ubi. Produk diproses di gedung yang sudah berstandar internasional HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point).

Disamping itu, juga sedang proses sertifikasi halal di UMKM Halal Hub. ”Global Halal Hal Hub adalah inisiasi para pelaku usaha ekspor berbasis platform digital dan dicanangkan Wapres Januari lalu,” kata Ketua Lembaga Wakaf MUI, Lukmanul Hakim di Jakarta, Senin (3/10/2022).

Diharapkan, UMKM Halal Hub dapat dibangun di kota dan kabupaten di berbagai wilayah di Indonesia untuk pusat kurasi, pendampingan, produksi, dan pengemasan produk halal dan UMKM.

“UMKM Halal Hub disiapkan untuk mendukung Indonesia menjadi pusat industri halal dunia pada 2024,” jelas Staf Khusus Wakil Presiden RI ini. Baca juga: MUI: Manfaatkan Wakaf untuk Penguatan UMKM

Lembaga Wakaf MUI membeli dua unit gedung di KIH Safe and Lock Sidoarjo yang digunakan sebagai rumah UMKM Halal Hub. Gedung ini berfungsi sebagai sarana produksi dan pengemasan serta kurasi dan agregasi UMKM, khususnya di wilayah Jawa Timur.

“Gedung dibeli dari wakaf uang dan wakaf produktif para donatur yang kami kelola secara profesional dan hasil manfaatnya untuk gerakan dakwah dan penguatan ekonomi umat sebagai maukuf alaih,” ujarnya.

Sementara peralatan mesin kemasan diperoleh dari Progam Sosial Bank Indonesia (PSBI) atas dukungan Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia.

Dalam pengelolaan UMKM Halal Hub, Lembaga Wakaf MUI menggandeng platform digital Goorita sebagai manajemennya yang sudah berpengalaman dalam pengelolaan produk ekspor hingga pemasaran ke luar negeri.

Komoditas yang diproduksi di UMKM Halal Hub Wakaf MUI di Sidoarjo dan diekspor ke Saudi Arabia digabung dengan hasil produksi dari tempat lainnya.

”Total ekspor kami sebanyak 5 kontainer dan hasil yang diproduksi dari UMKM Halal Hub Sidoarjo sebanyak 6 ton,” ungkap Juwono Wicaksono, CEO Goorita.
(ams)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1437 seconds (11.252#12.26)