Munas 1 KSBN Dihadiri Wagub DKI, Budaya Nusantara Harus Terus Maju dan Berkembang

Sabtu, 24 September 2022 - 20:24 WIB
loading...
Munas 1 KSBN Dihadiri Wagub DKI, Budaya Nusantara Harus Terus Maju dan Berkembang
Wagub DKI Ahmad Riza Patria membuka Munas 1 KSBN di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2022). Foto: Istimewa
A A A
JAKARTA - Komite Seni Budaya Nusantara ( KSBN ) menggelar Musyawarah Nasional (Munas) 1 di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Sabtu (24/9/2022). Acara disemarakan dengan berbagai tampilan seni tari .

Acara dengan menggambarkan keragaman budaya nusantara ini disambut antusias ratusan peserta. Sedangkan giat itu sendiri mengusung tema, "Komitmen KSBN Bagi Pemajuan Kebudayaan Nasional dalam Pembangunan Berkelanjutan di Era Revolusi Industri 4.O, Agar Budaya Nasional Terus Tumbuh dan Berkembang di Tengah Peluang dan Kendala". Baca juga: Wagub DKI Resmikan Rumah Budaya KSBN

Ketua Umum KSBN Hendardji Soepanji mengatakan, perkembangan dan kemajuan KSBN seperti sekarang ini tentu tidak lepas dari perjuangan para pengurusnya dan kecintaan bangsa Indonesia pada seni budaya.

“Banyak kader-kader yang potensial di dalam kepengurusan KSBN 2017-2022. Marilah pada kesempatan ini, kita dengan sungguh-sungguh memikirkan suksesi kepemimpinan KSBN,” kata Hendardji di Jakarta.

Dia juga mengucapkan terima kasih kepada kepengurusan 2017-2022. Karena, telah berjuang bersama-sama.



“Oleh karena itu saya mengucapkan terima kasih pada pengurus KSBN Pusat periode tahun 2017-2022 yang sebentar lagi akan mengakhiri tugasnya dan telah banyak berjuang untuk KSBN serta kebesaran bangsa dan negara lewat KSBN," kata Hendardji.

Menurut dia, KSBN harus bermanfaat untuk masyarakat. Sehingga, sambungnya, hal itu dapat dicontoh oleh generasi seterusnya. Baca juga: KSBN Berharap Budaya Sopan Santun Digelorakan demi Keutuhan Bangsa

“KSBN harus hidup sepanjang masa tetapi manusia dibatasi oleh umur sehingga kaderisasi harus dibangun. Maka budaya nusantara harus terus semakin maju dan berkembang walaupun 50 tahun kedepan kita sudah tidak ada yang hidup di dunia. Tapi kita telah meninggalkan nilai-nilai ahklak yang luhur atau adiluhung, 50 tahun lagi Indonesia akan menjadi pusat kebudayaan dan peradaban dunia,” tuturnya.

Acara ini dihadiri oleh Ketua MPR Bambang Susatyo, Sekjen MPR Ma’ruf Cahyono, Wagub DKI Ahmad Riza Patria, Dewas KSBN Hendarman Soepandji, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, Sekjen KSBN Eny Sardiyarso, Ketua KSBN se Indonesia, pimpinan komunitas dan sanggar seni budaya, dan seniman dan budayawan.
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1921 seconds (11.97#12.26)