7 Ikon Budaya Khas Betawi, Nomor 6 Kerap Ditemui di Jakarta Fair/PRJ

Sabtu, 28 Oktober 2023 - 11:53 WIB
loading...
7 Ikon Budaya Khas Betawi, Nomor 6 Kerap Ditemui di Jakarta Fair/PRJ
Dari sekian banyak ikon khas Betawi, terdapat 7 ikon budaya khas Betawi yang sangat terkenal, salah satunya Kerak Telor. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Dari sekian banyak ikon khas Betawi , terdapat 7 ikon budaya khas Betawi yang sangat terkenal. Ikon Betawi di antaranya Ondel-Ondel, Kerak Telor, hingga Baju Sadariah.

Ikon kebudayaan Betawi juga dilindungi melalui Perda No 4 Tahun 2015 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi, Peraturan Gubernur No 229 Tahun 2016 tentang Pelestarian Kebudayaan Betawi,serta Peraturan Gubernur No 11 Tahun 2017 tentang Ikon Budaya Betawi.



Menurut Yahya Andi Saputra dari Lembaga Kebudayaan Betawi sebagaimana dikutip www.setubabakanbetawi.com, banyak seni kebudayaan Betawi yang kini sudah hilang dan tinggal kenangan. Ribuan item budaya Betawi yang perlu dijaga meliputi folklor lisan, folklor setengah lisan, dan folklor bukan lisan.

Namun, setidaknya masyarakat mengenal 7 ikon kebudayaan Betawi. Apa saja ikon tersebut, berikut pemaparannya.

1. Ondel-Ondel

Ondel-Ondel merupakan salah satu kesenian khas Betawi yang memiliki filosofi lambang kekuatan yang memiliki kemampuan memelihara keamanan dan ketertiban, tegar, berani, tegas, jujur, dan antimanipulasi. Namun, sebelum dikenal sebagai kesenian khas Betawi, Ondel-Ondel adalah penolak bala atau kesialan.

Layaknya manusia, Ondel-Ondel juga memiliki jenis kelamin. Biasanya wajah Ondel-ondel laki-laki berwarna merah dengan alis hitam tebal. Matanya dibuat melotot ditambah kumis dan senyuman yang menyeringai, namun terlihat ramah.

Sedangkan, wajah Ondel-Ondel perempuan berwarna putih, bermata hitam sayu, alis hitam melengkung, bulu mata lentik, bibir merah, telinga bergiwang atau beranting-anting dan jidatnya bermahkota.

Selain dari wajah, Ondel-Ondel juga bisa dibedakan dari pakaiannya. Ondel-Ondel laki-laki biasanya menggunakan baju adat berwarna gelap. Sedangkan, Ondel-Ondel perempuan menggunakan warna cerah polos atau dengan motif kembang-kembang.

2. Kembang Kelapa

Kembang Kelapa memiliki filosofi perlambang kemakmuran juga simbol dari kehidupan manusia yang bermanfaat sebagaimana manfaat pohon kelapa. Selain itu, Kembang Kelapa sebagai simbol keterbukaan masyarakat dalam pergaulan sehari-hari dan simbol tata warna (multikultural) kebudayaan yang hidup dan berkembang di Jakarta.

Bentuk Kembang Kelapa terbuat dari lidi yang dibungkus dengan kertas atau plastik warna warni dan digunakan salah satunya sebagai dekorasi. Sebagai dekorasi dinamis Kembang Kelapa diletakkan di depan arak-arakan dalam festival, atraksi pariwisata, pentas seni budaya (kirab, ngarak penganten, dan sebagainya).

Sedangkan, dekorasi statis diletakkan di samping kanan dan kiri pintu masuk, pada kanan kiri pelaminan, pada kanan kiri panggung, digantung di plafon dan pada titik-titik tertentu di dalam ruangan (aula, auditorium) dan acara (resepsi, seminar, diskusi).

3. Gigi Balang

Gigi Balang biasa ditemukan di rumah-rumah penduduk Betawi. Motif Gigi Balang berwarna kuning-hijau khas Betawi ini juga terlihat menghiasi sepanjang jalan layang Seskoal di jalur Transjakarta koridor XIII Ciledug-Tendean.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1255 seconds (0.1#10.140)