Mengingat Kiprah 2 Wagub DKI Jakarta di Masa Anies Baswedan

Sabtu, 26 Agustus 2023 - 06:02 WIB
loading...
Mengingat Kiprah 2 Wagub DKI Jakarta di Masa Anies Baswedan
Sandiaga Uno (Wagub DKI periode 2017-2018) dan Ahmad Riza Patria (Wagub DKI periode 2020-2022). Keduanya pernah mendampingi Anies Baswedan. Foto: arizapatria.id
A A A
JAKARTA - Pada periode kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan , ada dua Wakil Gubernur (Wagub) DKI yang mendampinginya yakni Sandiaga Uno (2017-2018) dan Ahmad Riza Patria (2020-2022).

Dua sosok ini memiliki latar belakang berbeda dalam memimpin dan mengelola Ibu Kota. Untuk mengingat lagi kiprah Sandi Uno dan Riza Patria ketika menjabat Wagub DKI, berikut kontribusi keduanya dalam mendampingi Anies ketika memimpin Jakarta.

Dua Wagub DKI Jakarta di Masa Anies Baswedan

1. Sandiaga Uno

Nama lengkap: Sandiaga Salahudin Uno
Tempat tanggal lahir: Pekanbaru, Riau, 28 Juni 1969
Pendidikan: Sarjana Ekonomi dari Wichita State University, Amerika Serikat

Sandi Uno merupakan sosok yang cukup dikenal dalam dunia bisnis dan politik. Sebelum menjadi Wagub DKI, dia merupakan pengusaha dan investor yang aktif di berbagai sektor, terutama properti dan keuangan.

Salah satu pencapaiannya yang mencuat adalah sebagai pendiri perusahaan investasi dan pengelola aset, Saratoga Investama Sedaya. Pada Pilkada DKI 2017, Sandi Uno mendampingi Anies dan berhasil memenangkan Pilkada.

Sebagai Wagub DKI saat itu, Sandi Uno memiliki fokus pada pengembangan ekonomi dan pariwisata Jakarta. Dia berupaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui program-program seperti One District One Center of Creative Economy yang bertujuan mengembangkan sektor ekonomi kreatif di berbagai wilayah Jakarta.

Selain itu, dia juga berperan mempromosikan pariwisata Jakarta dengan menggelar berbagai event dan festival untuk meningkatkan daya tarik wisata Kota Jakarta.

2. Ahmad Riza Patria

Nama lengkap: Ahmad Riza Patria
Tempat tanggal lahir: Banjarmasin, Kalimantan Selatan, 17 Desember 1969
Pendidikan: Institut Teknologi Bandung (ITB)

Ahmad Riza Patria memiliki latar belakang sebagai politikus kawakan. Sebelum menjabat Wagub DKI, dia pernah menjabat Anggota DPR periode 2014 hingga 2020.

Riza Patria terpilih menjadi Wagub DKI menggantikan Sandi Uno yang mundur dari posisi wagub sejak 2018.

Dia terpilih berdasarkan hasil voting di DPRD DKI. Riza mendapatkan 81 suara atau sekitar 81 persen dari jumlah anggota DPRD yang hadir.

Sebagai Wagub DKI, Riza Patria fokus pada upaya perbaikan infrastruktur dan pengelolaan lingkungan di Jakarta. Dia turut terlibat dalam program-program yang bertujuan mengatasi berbagai masalah klasik yang dihadapi Jakarta seperti banjir dan kemacetan.

Sandi Uno maupun Riza Patria memiliki peran dan kontribusi nyata dalam mengelola sekaligus memimpin Ibu Kota. Dengan latar belakang yang beragam, keduanya membawa perubahan positif dalam berbagai aspek kehidupan di Jakarta, mulai dari ekonomi, pariwisata, hingga infrastruktur dan lingkungan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1615 seconds (0.1#10.140)