World Cleanup Day 2022 Edukasi Masyarakat Jakarta Jaga Lingkungan

Senin, 19 September 2022 - 19:47 WIB
loading...
World Cleanup Day 2022 Edukasi Masyarakat Jakarta Jaga Lingkungan
Hari aksi bersih-bersih sedunia merupakan gerakan sosial yang mengedukasi masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Hari aksi bersih-bersih sedunia atau World Cleanup Day (WCD) yang merupakan sebuah gerakan sosial yang bertujuan mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk menjaga serta menciptakan kebersihan lingkungan . Acara WCD 2022 dipusatkan di kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Kegiatan WCD pada tahun ini mengarahkan masyarakat agar memiliki kesadaran membersihkan, menjaga, dan memelihara lingkungan mulai dari diri sendiri dan rumah tinggal. Baca juga: Fasilitas Isolasi Mandiri Jakarta Timur Terima Bantuan Peralatan Medis dan Kebersihan

"Acara ini kami dukung sepenuhnya karena sangat sesuai dengan program Pemprov DKI tentang Pengelolaan Sampah Lingkup Warga," ujar Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim dalam keterangannya, Senin (19/9/2022).

Ali menambahkan, masalah sampah merupakan tanggung jawab bersama. Melalui kegiatan ini, dia berharap, dapat membawa semangat bersama menjaga kebersihan lingkungan.

Tema besar WCD 2022 adalah "Pilah Sampah dari Rumah" dengan melibatkan warga masyarakat, komunitas lingkungan, unit bank sampah dan 267 kelurahan yang tersebar di 6 lokasi wilayah DKI Jakarta. Keterlibatan bank sampah dalam program ini untuk menampung hasil pilah sampah yang terkumpul.

Corporate Sustainability Director Le Minerale Ronald Atmadja mengatakan, kampanye Pilah Sampah dari rumah ini sejalan dengan kampanye yang digaungan sebagai bagian Gerakan Sirkular Ekonomi Nasioanal Le Minerale. Oleh sebab itu, mewakili sektor swasta yang peduli terhadap lingkungan, PT Tirta Fresindo Jaya (Le Minerale) turut serta dalam kegiatan ini dan menerima penghargaan Original Rekor Indonesia dalam acara World Cleanup Day (WCD) 2022. Penghargaan tersebut diberikan karena Le Minerale secara konsisten mendukung gerakan World Cleanup Day sejak 2018.

"Sebagai produsen, Le Minerale menyatakan dukungan dan komitmennya dalam gerakan ini. Sejak awal kami dukung misi KLHK untuk mengurangi angka timbulan sampah,” ujarnya.



Karenanya, kata dia, pihaknya dengan terintegrasi terus menggerakan Ekonomi Sirkular sebagai bagian dari Extended Producers Responsibility (EPR) yang kini digaungkan pemerintah.

“Kami juga mulai mengarah pada upsizing dan melakukan berbagai edukasi pilah sampah dari rumah," tambah Ronald.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1639 seconds (11.210#12.26)