Wajah Baru Kota Tua, Semakin Cantik Setelah Direvitalisasi

Sabtu, 27 Agustus 2022 - 20:41 WIB
loading...
Wajah Baru Kota Tua, Semakin Cantik Setelah Direvitalisasi
Wajah Kota Tua kini tampak mulai berubah menjadi kota modern nanindah dan ramah untuk para wisatawan.Foto/MPI/Martin Ronaldo
A A A
JAKARTA - Revitalisasi Kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, yang dilakukan Pemprov DKI Jakarta hampir rampung secara keseluruhan. Wajah Kota Tua kini tampak mulai berubah menjadi kota modern nanindah dan ramah untuk para wisatawan.

Pantauan MPI di lokasi, Sabtu (27/8/2022), sepanjang jalan Kota Tua menuju Gedung Bank BNI yang dulu dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua, kini berubah menjadi kawasan pejalan kaki dan pesepeda. Jalur pedestrian di lokasi ini semakin tertata cantik.

Selain itu juga, pohon-pohon kecil yang berada di sepanjang jalan tersebut semakin memperindah kawasan tersebut. Tak hanya itu, gedung-gedung yang dulunya tampak seperti gedung tua menakutkan, kini telah disulap menjadi gedung yang rapi dan benar-benar indah untuk dilihat.

Banyak dari wisatawan yang datang menggunakan Transjakarta dan KRL Commuter Line berswafoto menikmati kawasan tersebut setelah ditinjau oleh Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Pascarevitalisasi, kini wajah baru Kota Tua menjadi semakin terhubung dengan transportasi umum. Seperti telah terhubung dengan stasiun kereta api commuter line dan halte Transjakarta. Hal itu tentunya agar memudahkan mobilitas pengunjung yang hendak berkunjung ke kawasan Kota Tua Jakarta.
Wajah Baru Kota Tua, Semakin Cantik Setelah Direvitalisasi


Selain itu di Kota Tua juga telah memberlakukan Kawasan Rendah Emisi atau Low Emission Zone (LEZ). Tujuan pemberlakukan wilayah LEZ adalah untuk meningkatkan kualitas udara di sekitar kawasan Wisata Kota Tua Jakarta.

Pembatasan juga diberlakukan untuk kendaraan bermotor yang melalui kawasan wisata Kota Tua. Harapannya, hal tersebut dapat mengurangi tingkat kemacetan di wilayah kawasan wajah baru Kota Tua Jakarta.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau langsung progres revitalisasi Kota Tua sebagai model kota masa depan. Anies beserta jajaran meninjau kesiapan infrastruktur kawasan untuk menunjang kegiatan perkotaan di masa depan di Kawasan Kota Tua.

Adapun, rute peninjauan dimulai dari Jembatan Kota Intan, Kali Besar Utara, Kali Besar Selatan, Pintu Besar Utara, Plaza Transit BEOS hingga ke Plaza Lada, Jakarta Barat pada Jumat (26/8/2022) sore.
Wajah Baru Kota Tua, Semakin Cantik Setelah Direvitalisasi


"Ke depan, kita akan menyaksikan kawasan baru yang mewakili Jakarta masa depan. Mulai di tempat ini kita ingin melihat kawasan yang memprioritaskan pejalan kaki, naik kendaraan umum, tanpa kendaraan pribadi, sehingga memunculkan rasa kesetaraan," kata Anies saat membuka gelaran Festival Batavia Kota Tua yang berlangsung pada 26-28 Agustus 2022 ini.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1837 seconds (0.1#10.140)