Asal Usul Cimanggis Depok dari Land Yemans Jadi Land Tjimanggis

Kamis, 25 Agustus 2022 - 06:10 WIB
loading...
Asal Usul Cimanggis Depok dari Land Yemans Jadi Land Tjimanggis
Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Foto: Twitter @PPID_Cimanggis
A A A
DEPOK - Pada zaman penjajahan Belanda, wilayah Cimanggis, Kota Depok dikenal kawasan yang subur. Lahan subur ini milik keluarga Yemans.

Kemudian, Land Yemans berganti nama menjadi Land Tjimanggis. Dikutip dari poestahadepok.blogspot.com, wilayah subur ini di dalamnya terdapat perkebunan buah Manggis yang dimiliki secara turun temurun.
Baca juga: Asal Usul Senayan, Sebutan Tuan Tanah Asal Bali Bernama Wangsanayan

Letak perkebunan Manggis berada di dekat sungai. Karena itu, nama Cimanggis berasal dari sejarah dan ciri khas kawasan ini.

Cimanggis berasal dari gabungan kata “cai” dan “manggis.” Cai merupakan bahasa Sunda yang berarti air dan Manggis merupakan nama buah dari perkebunan yang kala itu berada di wilayah Cimanggis.

Kini, Cimanggis berkembang pesat. Selain fasilitas dan infrastruktur yang mumpuni, kawasan ini juga termasuk wilayah yang strategis sehingga banyak kalangan mengincar Cimanggis.
Baca juga: Asal Usul Nama Ciledug Tangerang yang Bikin Orang Penasaran

Cimanggis merupakan satu dari 11 kecamatan di Kota Depok yang memiliki luas wilayah 21,58 kilometer persegi. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Depok, Cimanggis diketahui kecamatan ketiga terluas di Depok setelah Tapos dan Sawangan.

Data BPS tahun 2021, jumlah penduduk yang berdomisili di Cimanggis mencapai 252,2 ribu jiwa. Penduduk tersebut menyebar di 6 kelurahan yakni Cisalak Pasar, Mekarsari, Tugu, Pasir Gunung Selatan, Harjamukti, serta Curug.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)