3 Orang Kontak Erat Pasien Cacar Monyet, Warga Jakarta Diminta Waspada

Senin, 22 Agustus 2022 - 17:00 WIB
loading...
3 Orang Kontak Erat Pasien Cacar Monyet, Warga Jakarta Diminta Waspada
Satu warga Jakarta terkonfirmasi positif cacar monyet, Pemprov DKI minta warganya untuk waspada. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Dinas Kesehatan DKI Jakarta berkomitmen terus lanjutkan tracing kontak erat penyakit cacar monyet tersebut. Berdasarkan hasil tracing, petugas menemukan tiga orang kontak erat, yang sampai saat ini dalam kondisi baik dan tidak mempunyai keluhan kesehatan.

”Sebelum ditemukannya kasus pertama ini, kami melakukan penyelidikan epidemiologi 11 orang terduga sejak 20 Mei 2022, setelah melalui pemeriksaan laboratorium diketahui negatif cacar monyet,” ujar Kadinkes DKI Jakarta Widyastuti, Senin (22/8/2022).

Saat ini, kata dia, pihaknya akan terus memantau perkembangan kondisi pasien dan seluruh kontak eratnya. ”Pasien cukup kooperatif dan terbuka dengan tim kami. Kondisi pasien juga sudah membaik,” ucapnya.

Satu pasien yang terkonfirmasi cacar monyet atau monkeypox asal Jakarta sempat melakukan perjalanan wisata ke sejumlah negara di Eropa Barat. Diketahui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengonfirmasi temuan virus tersebut, Sabtu (20/8) silam.



”Diketahui pasien tersebut mengalami keluhan kesehatan beberapa hari setelah kembali ke Indonesia, pascaperjalanan wisata ke beberapa negara di Eropa Barat, pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu,” tuturnya.

Sebelumnya, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengumumkan temuan kasus cacar monyet atau monkeypox pertama di Indonesia. Juru Bicara Kemenkes, Mohammad Syahril mengatakan, ada satu warga positif terdeteksi positif cacar monyet.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1704 seconds (0.1#10.140)