Usai Konser Coldplay, Pemprov DKI Waspadai Pertambahan Kasus Cacar Monyet

Kamis, 23 November 2023 - 08:42 WIB
loading...
Usai Konser Coldplay, Pemprov DKI Waspadai Pertambahan Kasus Cacar Monyet
Pemprov DKI Jakarta meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi kenaikan cacar monyet pasca-konser musik Coldplay. Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
JAKARTA - Pemprov DKI Jakarta meminta masyarakat untuk mewaspadai potensi kenaikan cacar monyet pasca-konser musik Coldplay di Stadion GBK Senayan pada 15 November 2023 silam.

Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama mengatakan, pihaknya mewaspadai 21 hari sesudah Halloween pada 31 Oktober dan konser musik internasional 15 November.

"Kita waspada apa ada pola kenaikan kasus monkeypox atau tidak. Kita kencangkan surveilans di faskes dan masyarakat," ujar Ngabila, Rabu (22/11/2023).

Menurut Ngabila, usai dua event besar tersebut memungkinkan terjadinya aktivitas seksual berisiko seperti homoseksual. Informasi ini Ngabila dapat dari pasien yang terbukti positif cacar monyet.


"Dari hasil pemeriksaan wawancara kasus positif ada beberapa event untuk terjadinya hubungan seksual berisiko, seperti event party dan selebrasi, event olahraga bersama, dan acara hiburan skala nasional serta internasional lainnya," ujarnya.

Menurut dia, kasus cacar monyet yang bertambah perlu diwaspadai oleh semua pihak karena penyakit tersebut menular lewat hubungan seksual berisiko.

"Faktor risiko berhubungan seksual berisiko, terutama pada kelompok mayoritas pasien populasi kunci tertentu atau laki-laki dengan laki-laki," tuturnya.

Pemprov DKI Jakarta akan menangani para pasien sebaik mungkin hingga dinyatakan sembuh. Dia juga mengimbau para pasien untuk tidak merasa dikucilkan.

"Jangan merasa distigma. Pemerintah justru sangat care dan memperhatikan semuanya dengan sebaik-baiknya. Memastikan semua ditangani dengan baik. Jadi pemerintah hadir," ucapnya.

(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1118 seconds (0.1#10.140)